5 Ikan Penurun Kolesterol Jahat yang Ampuh, Sarden Salah Satunya

Jum'at, 14 Januari 2022 - 05:44 WIB
loading...
5 Ikan Penurun Kolesterol Jahat yang Ampuh, Sarden Salah Satunya
Ikan ampuh menurunkan kolesterol jahat. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang harus jadi makanan pokok. Foto/Restaurants.mu
A A A
JAKARTA - Ikan ampuh menurunkan kolesterol jahat . Ikan berminyak seperti salmon, tuna, sarden, makarel dan trout mengandung asam lemak omega-3 yang harus menjadi makanan pokok dari diet sehat jantung setiap orang.

Dilansir dari Web MD, Jumat (14/1/2022) asam lemak omega-3 telah terbukti menurunkan trigliserida, yang merupakan jenis lemak dalam aliran darah. Asam lemak omega-3 juga dapat memperlambat pertumbuhan plak di arteri dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat ikan berlemak. Peneliti menemukan bahwa asam lemak omega-3 harian dari minyak ikan dapat menurunkan trigliserida sebesar 25%-30%. Hasilnya diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 1997.

Baca Juga: 4 Daun-daunan Penurun Kolesterol, Nomor 2 Banyak Ditanam di Halaman

Selain itu, omega-3 juga dapat membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik . Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyetujui klaim kesehatan yang memenuhi syarat baru untuk efek asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Jika perubahan pola makan adalah bagian dari rencana Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, ikan adalah pilihan yang baik. Dilansir dari Healthline, American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu.

American Heart Association menyarankan konsumsi porsi 3,5 ons ikan sehari, lebih disukai ikan tinggi asam lemak omega-3. Ada beberapa kekhawatiran tentang wanita hamil yang mendapatkan terlalu banyak merkuri dari ikan yang mereka makan.



Wanita hamil harus membatasi konsumsi tuna hingga 6 ons porsi tiga kali sebulan, dan membatasi ikan cod hingga enam porsi sebulan.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Makan yang Bikin Kolesterol Jahat Naik
(dra)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1376 seconds (10.55#12.26)