5 Menu Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat

Minggu, 16 Januari 2022 - 05:05 WIB
loading...
5 Menu Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat
Menu sarapan penurun kolesterol tinggi sangat beragam. Menu ini tak hanya memiliki rasa yang enak dan mudah dibuat, tapi terbukti menurunkan kadar kolesterol. Foto/Eat This
A A A
JAKARTA - Menu sarapan penurun kolesterol tinggi sangat beragam. Menu ini tak hanya memiliki rasa yang enak dan mudah dibuat di rumah, tapi juga terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol yang melonjak berkat berbagai kandungan senyawa di dalamnya.

Melewatkan sarapan dapat membuat Anda merasa lebih lapar di kemudian hari, tetapi juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Makanan yang Anda pilih untuk sarapan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik .

Sebuah studi di Jurnal Ilmu Gizi menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan yang melewatkan sarapan memiliki kadar kolesterol total yang lebih tinggi daripada mereka yang memulai hari dengan semangkuk sereal atau oatmeal.

Berikut adalah beberapa menu sarapan untuk menurunkan kolesterol tinggi dilansir dari Heathline, Minggu (16/1/2022).


1. Jus Jeruk

5 Menu Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat


Jus jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik. Beberapa merek menambahkan nutrisi tambahan dengan memperkuat jus mereka dengan sterol dan stanol. Menambahkan 2 gram sterol ke dalam diet harian dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5 hingga 15 persen.

2. Orak Arik Putih Telur dengan Bayam

5 Menu Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat


Telur terkenal tinggi kolesterol, tetapi semuanya terkandung dalam kuning telur. Putih telur bebas kolesterol dan dikemas dengan protein. Orak-arik beberapa putih telur dan tambahkan segenggam bayam untuk serat. Masak telur dengan minyak zaitun atau canola. Minyak sehat ini dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol lebih banyak lagi.


3. Roti Alpukat

5 Menu Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat


Roti panggang dan alpukat tumbuk menjadi pilihan sarapan yang sedang tren saat ini, tetapi juga baik untuk kesehatan. Sebuah studi 2015 di Jurnal Asosiasi Jantung Amerika menemukan bahwa alpukat per hari menurunkan kadar kolesterol jahat pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Studi lain terkait makan alpukat dengan kadar kolesterol baik yang lebih tinggi.

Alpukat sehat pada beberapa tingkatan. Buah ini tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, yang menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti makanan sarapan yang tinggi asam lemak jenuh tidak sehat, seperti sosis atau bacon.

4. Susu Almond

5 Menu Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat


Almond kaya akan lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin. Menurut Harvard Health Publishing, makan 2 ons kacang ini setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar 5 persen. Tuangkan segelas susu almond, beberapa irisan almond ke oatmeal, atau makan segenggam penuh almond.

Hanya saja, jangan terlalu berlebihan karena mengandung lemak. Satu cangkir irisan almond memiliki berat 45 gram lemak.


5. Oatmeal

5 Menu Sarapan Penurun Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat


Semangkuk oatmeal mengandung 5 gram serat makanan. Oatmeal mengandung serat larut, yang menempel pada kolesterol jahat di saluran pencernaan dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Konsumsi oatmeal dengan irisan apel, pir, atau raspberry atau strawberry untuk tambahan serat.

Selain oatmeal, sereal gandum dingin juga baik untuk kesehatan. Penting untuk menghindari makanan yang sarat dengan gula. Menambahkan irisan pisang atau buah beri juga akan meningkatkan kandungan serat sereal.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3831 seconds (0.1#10.140)