Kemenkes Pastikan Jumlah Stok Vaksin Booster Aman

Minggu, 16 Januari 2022 - 16:00 WIB
loading...
Kemenkes Pastikan Jumlah Stok Vaksin Booster Aman
Pemerintah mulai memberikan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ke-3 secara gratis untuk masyarakat umum. Foto Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah mulai memberikan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ke-3 secara gratis untuk masyarakat umum. Penyuntikan vaksin booster kepada masyarakat ini telah dimulai sejak 12 Januari 2022.

Mulai memberikan booster kepada masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan bahwa jumlah dosis vaksin cukup, baik untuk vaksin primer (suntikan dosis pertama dan kedua), maupun booster (suntikan dosis ketiga).



Hal tersebut dipaparkan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam webinar Indonesian Congress Symposium on Combating COVID-19 Pandemic without Boundaries. Acara ini dihelat secara virtual pada Minggu (16/1/2022).

“Sampai saat ini, total vaksin yang sudah kami terima sebanyak 439.394.000. Artinya, kita cukup memiliki stok dalam pelaksanaan vaksinasi primer maupun vaksinasi dosis lanjutan,” kata Siti Nadia, dikutip dari acara webinar tersebut.





Lebih lanjut Siti Nadia menerangkan bahwa lebih dari 40 persen masyarakat Indonesia sudah divaksinasi hingga dosis kedua. Hal ini sesuai dengan target yang diberikan oleh World Health Organization (WHO).

“Saat ini tentunya target WHO minimal 40 persen masyarakat mendapatkan (vaksin) dosis kedua sudah terpenuhi. Bahkan kita termasuk ke dalam lima negara yang sudah menyuntikkan dalam hal jumlah dosis terbanyak maupun dalam hal jumlah dosis satu yang disuntikkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Siti Nadia menyebutkan data cakupan vaksinasi nasional terkini, bahwa 174 juta orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan 119 juta orang telah mendapatkan dosis kedua.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6188 seconds (0.1#10.140)