Dua Ginjal Babi Sukses Dicangkokkan ke Tubuh Pria Ini

Jum'at, 21 Januari 2022 - 15:21 WIB
loading...
Dua Ginjal Babi Sukses Dicangkokkan ke Tubuh Pria Ini
Dr. Jayme Locke (kiri) and Natalie Budd sedang bersiap melakukan pencangkokan ginjal babi ke manusia di Universitas Alabama at Birmingham. Foto/ Nytimes
A A A
JAKARTA - Pencangkokan ginjal babi ke manusia untuk pertama kalinya telah sukses dilakukan. Adalah James Parsons, pria berusia 57 tahun yang baru saja menerima transplantasi. Tak tanggung-tanggung, ia langsung menerima dua ginjal babi di tubuhnya. Ginjal babi ini sebelumnya sudah dimodifikasi secara genetik. Operasi ini dilakukan di Universitas Alabama, Birmingham, Amerika Serikat.

Seperti dikutip laman NBCnews, Ketua Tim bedah Dr. Jayme Locke meyakini, transplantasi ginjal babi ke manusia pertama di dunia ini meningkatkan harapan bahwa transplantasi satu spesies ke spesies lain, xenotransplantasi, dan dapat mengatasi kekurangan global organ donor.

Jika eksperimen bedah berhasil, itu bisa membantu merevolusi donasi organ. Selama ini kurangnya donor ginjal membuat orang harus menanti lama jika bertahun-tahun saat membutuhkan transplantasi.

Dua Ginjal Babi Sukses Dicangkokkan ke Tubuh Pria Ini

James Parsons. Foto/nbcnews

Baca Juga : 5 Obat Ini Membahayakan Ginjal Jika Diminum dalam Waktu Lama, Nomor 4 Paling Sering Dikonsumsi

Dan harapan Locke dan tim pun menjadi kenyataan. Saat melepas klem, iadan tim menyaksikan dengan gembira saat ginjal berubah warna menjadi merah muda . Lantas dua puluh tiga menit kemudian, ia mulai membuat urin, bukti bahwa transplantasi telah berhasil.



"Saya cukup yakin ada tos pada saat itu," kata Locke.

Hasil peer-review dari operasi baru tersebut dilaporkan di The American Journal of Transplantation. Untuk melakukan percobaan, ahli bedah mendapat izin dari keluarga Parsons dan kemudian mengambil ginjalnya sendiri. Ginjal babi yang diedit gen yang mereka tanamkan tetap berfungsi sampai ahli bedah mengangkatnya sekitar 77 jam kemudian.

Eksperimen ini merupakan bagian dari bidang xenotransplantasi yang sedang berkembang, atau pengadaan organ hewan untuk mencoba memecahkan krisis pasokan organ manusia.

James Parsons adalah seorang tukang kayu dari Huntsville, Alabama. Beberapa hari sebelumnya, Parsons mengalami kematian otak akibat kecelakaan dalam balapan sepeda motor trail. Padahal sebelum meninggal ia sudah terdaftar sebagai pendonor organ. Namun sayang belum ada calon donor penerima yang cocok dengannya.

Baca Juga : Obat Diabetes Metformin Aman untuk Ginjal, Ini Bukti Penelitiannya

Akhirnya keluarga mengijinkan percobaan trnasplantasi ginjal dari babi ke tubuh Parsons. "James ingin menyelamatkan sebanyak mungkin orang dengan kematiannya, dan jika dia tahu dia berpotensi menyelamatkan ribuan dan ribuan orang dengan melakukan ini, dia tidak akan ragu," kata istri Parsons, Julie O'Hara.
(wur)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2196 seconds (10.177#12.26)