4 Cara Ciptakan Rutinitas Belajar Nyaman untuk Tingkatkan Semangat Anak

Sabtu, 22 Januari 2022 - 13:43 WIB
loading...
4 Cara Ciptakan Rutinitas Belajar Nyaman untuk Tingkatkan Semangat Anak
Orangtua mengemban peran penting untuk mendampingi dan memotivasi anak dalam belajar. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Dengan kemampuan mengendalikan diri yang belum optimal, ada kalanya rasa enggan dan jenuh dalam belajar dialami anak hingga proses belajar pun terhambat. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya belajar yang tak sesuai, lingkungan yang tidak mendukung, atau kondisi tubuh yang kurang fit.

Untuk itu, orangtua mengemban peran penting untuk mendampingi dan memotivasi anak. Terlebih yang tengah menginjak bangku sekolah dasar, agar semangat belajar si kecil dapat terus tumbuh dan proses pembelajaran berjalan semakin efektif.

Berikut 4 kiat untuk tingkatkan semangat belajar anak dengan membangun rutinitas yang sehat.

1. Tentukan agenda belajar yang tepat

Langkah pertama untuk membangun kebiasaan belajar yang konsisten adalah dengan menentukan waktu belajar yang tepat. Rencanakanlah agenda keseharian anak dengan porsi yang sesuai dengan kemampuan anak dan orangtua.

Sebelum menentukan agenda belajar, carilah waktu yang tepat bagi si kecil agar proses belajar bisa berjalan semakin efektif. Tidak perlu terlalu lama, belajar efektif bisa dilakukan dalam waktu 1-2 jam per hari yang mencakup pengulangan materi, mengerjakan PR, atau membaca materi yang akan dibahas keesokan harinya di sekolah.

2. Berikan metode pembelajaran yang mengasyikkan

Tidak semua anak menikmati metode pembelajaran yang sama. Maka itu, orangtua perlu tahu metode belajar mana yang paling sesuai dengan si kecil agar kegiatan belajar di rumah semakin menyenangkan.

Banyak metode pembelajaran yang dapat dicoba untuk mengetahui metode mana yang paling cocok untuk anak. Seperti dengan diskusi, eksperimen, demonstrasi, ceramah, debat, peta konsep, pembelajaran daring, hingga blended learning.

Blended learning sendiri adalah metode pembelajaran yang tergolong baru, yaitu dengan menggabungkan strategi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh atau daring.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)