9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik
Senin, 24 Januari 2022 - 05:05 WIB
loading...
A
A
A

Studi baru Tufts University menemukan bahwa mengurangi asupan minuman manis dengan satu porsi seminggu selama setahun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada anak-anak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa asupan minuman manis yang lebih tinggi dikaitkan dengan konsentrasi trigliserida yang lebih tinggi dalam profil lipid.
Pengelompokan faktor risiko termasuk trigliserida tinggi, kolesterol baik rendah, resistensi insulin dan obesitas, terutama jika dimulai pada masa kanak-kanak, menempatkan seseorang pada risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular di masa depan.
4. Kenari

Makan makanan kaya kenari bisa efektif dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang mengandung kenari, terutama terdiri dari lemak tak jenuh ganda, berdampak positif pada penanda kesehatan jantung.
Baca Juga: 5 Tips Membuat Gorengan Agar Tidak Bikin Kolesterol Naik
5. Alpukat

Alpukat segar setiap hari dapat secara signifikan mengubah profil lipid dan meningkatkan kadar kolesterol baik, ungkap sebuah penelitian yang dilakukan di University of the Pacific di Stockton di California. Menurut temuan, penggunaan alpukat sebagai pengganti lemak padat dan makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh lebih tinggi, secara signifikan mengubah profil lipid.
"Alpukat segar sebagai bagian dari diet seimbang dan sebagai pengganti lemak padat bebas kolesterol dapat membantu menjadi bagian dari solusi untuk menjaga kadar kolesterol normal,” kata Nikki Ford, PhD, direktur nutrisi dari Hass Avocado Board di AS.
6. Barley

Barley tinggi serat, memiliki dua kali protein dan hampir setengah kalori dari gandum serta pertimbangan penting bagi orang-orang dengan berat badan atau masalah diet. Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh Rumah Sakit St Michael di Kanada, mengonsumsi barley sebagai makanan atau dalam resep makanan dapat secara signifikan mengurangi kolesterol jahat yang terkait dengan risiko penyakit jantung.
Lihat Juga :