Lima Mitos dan Fakta Seputar Suplemen Makanan

Jum'at, 12 Juni 2020 - 02:12 WIB
loading...
Lima Mitos dan Fakta Seputar Suplemen Makanan
Ada beberapa suplemen yang boleh dikonsumsi jika direkomendasikan oleh dokter, dan jangan pernah membuat resep sendiri. / Foto: ilustrasi/NutraIngredients-Asia
A A A
JAKARTA - Tubuh manusia memerlukan sejumlah nutrisi penting seperti vitamin . Beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh antara lain vitamin D, vitamin C, vitamin A, dan lainnya. Vitamin tersebut dapat diperoleh melalui beberapa makanan yang dikonsumsi, bisa buah maupun sayuran.

(Baca juga: Perlukah Mengonsumsi Vitamin dan Suplemen? )

Akan tetapi, ada juga vitamin tambahan yang disediakan suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun, jangan sembarangan mengonsumsinya, karena terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Lantas, seberapa amankah mengonsumsi suplemen makanan? Untuk suplemen, asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan, itu sudah cukup. Ada beberapa suplemen yang boleh dikonsumsi jika direkomendasikan oleh dokter, dan jangan pernah membuat resep sendiri.

Dan berikut ini adalah mitos dan fakta tentang suplemen seperti dilansir Times Now News.

1. Mitos: Suplemen multi-vitamin dapat menggantikan diet sehat.

Faktanya: Suplemen vitamin harus dikonsumsi bersamaan dengan program diet sehat dan bergizi. Perlu diketahui, suplemen bukanlah pengganti makanan sehat.

2. Mitos: Tidak ada efek dosis berlebihan.

Faktanya: Mengonsumsi terlalu banyak vitamin juga dapat membahayakan organ vital dalam tubuh Anda. Oleh Karena itu, Anda harus tetap menggunakan dosis yang disarankan.

(Baca juga: Harga Obat dan Vitamin Melonjak, Tapi Ada Perusahaan Farmasi yang Malah Rugi )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)