Ini Estimasi Biaya Terapi dan Cara Kurangi Gejala OCD

Kamis, 27 Januari 2022 - 23:47 WIB
loading...
Ini Estimasi Biaya Terapi dan Cara Kurangi Gejala OCD
OCD bisa ditangani oleh dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater. Foto Ilustrasi/Regis College
A A A
JAKARTA - Gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan gangguan psikologis yang ditandai oleh pikiran obsesif atau berulang-ulang serta perilaku kompulsif untuk melakukan pikiran tersebut.

Pikiran obsesif biasa dilakukan oleh penyandang OCD secara berulang-ulang dan tidak masuk akal. Biasanya akan muncul ketakutan yang berlebih, gelisah, atau mempercayai sesuatu yang tidak logis.

Baca Juga: Aliando Syarief Idap OCD Ekstrem hingga Harus Tinggalkan Dunia Hiburan

Terkadang sulit untuk mendiagnosis OCD karena gejalanya bisa mirip dengan gangguan kepribadian obsesif-kompulsif, gangguan kecemasan, depresi, skizofrenia, atau gangguan kesehatan mental lain.

OCD bisa ditangani oleh dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater. Tidak seperti penyakit lain, OCD merupakan gejala penyakit mental. Akibatnya, banyak penderita OCD yang merasa malu dan ingin segera menyembuhkan diri.

Baca Juga: Aliando Syarief Idap Gangguan Mental OCD, Begini Gejalanya



Pengobatan gangguan obsesif-kompulsif mungkin tidak menghasilkan penyembuhan, tetapi dapat membantu mengendalikan gejala sehingga tidak mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Tergantung pada tingkat keparahan OCD, beberapa orang mungkin memerlukan perawatan jangka panjang, berkelanjutan atau lebih intensif.

Psikiater akan membantu memastikan bagaimana pasien bisa mengalami OCD dan apa pemicunya. Setelah itu, psikiater juga akan memastikan apakah pasien memiliki riwayat penyakit medis lain, yang punya pengaruh pada kemunculan OCD.

Cara Kurangi Gejala OCD
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3727 seconds (11.97#12.26)