Lauk Pauk untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat

Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:10 WIB
loading...
Lauk Pauk untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat
Lauk pauk untuk penderita kolesterol tinggi sangat beragam dan mudah dibuat. Diantaranya ikan berlemak hingga sayuran hijau. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lauk pauk untuk penderita kolesterol tinggi sangat beragam dan mudah dibuat. Untungnya, menjaga kadar kolesterol tidak berarti melepaskan makanan favorit Anda. Selain itu, tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk berfungsi.

Kolesterol adalah zat lilin yang diproduksi dalam tubuh. Hal ini diperlukan untuk membangun sel-sel baru, memproduksi vitamin dan mengeluarkan hormon. Tubuh mampu memproduksi semua kolesterol yang dibutuhkan.

Ketika mengonsumsi kolesterol ekstra dari makanan, kadar kolesterol dalam darah akan naik. Produk hewani seperti daging, keju, dan telur mengandung kolesterol makanan. Kolesterol mengalir melalui darah dan semakin banyak kolesterol yang beredar, semakin tinggi risiko penyakit kardiovaskular.

Berikut daftar lauk untuk penderita kolesterol tinggi seperti dilansir dari HealthLine, Jumat (28/1/2022).



1. Ikan Berlemak

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan kolesterol tinggi dengan dua cara yakni dengan mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh penambah kolesterol jahat, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun kolesterol jahat.

Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

2. Terong, Okra dan Wortel

Terong dan okra merupakan sayuran rendah kalori. Keduanya sumber serat larut yang baik dikonsumsi untuk mereka yang menderita kolesterol tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)