Dorce Gamalama Kritik Ulama yang Sebut Dirinya Tak Bisa Dimakamkan sebagai Perempuan

Senin, 31 Januari 2022 - 06:35 WIB
loading...
Dorce Gamalama Kritik Ulama yang Sebut Dirinya Tak Bisa Dimakamkan sebagai Perempuan
Dorce Gamalama angkat bicara terkait tanggapan ulama yang menyebut dirinya tidak bisa dimakamkan sebagai perempuan. Ini terungkap dari video di media sosial. Foto/YouTube Denny Sumargo
A A A
JAKARTA - Dorce Gamalama angkat bicara terkait tanggapan ulama yang menyebut dirinya tidak bisa dimakamkan sebagai perempuan. Hal tersebut terungkap dalam sebuah video yang berbedar di media sosial.

Dari video yang diunggah akun gosip @rumpi_gosip, Dorce secara tegas mengatakan bahwa wasiat yang telah disampaikan kepada anak-anaknya itu akan menjadi urusannya dan keluarga, bukan masyarakat.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kepada kyai, ustaz-ustaz yang telah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan mengubur saya, biarkanlah keluarga saya yang nanti akan mengurusnya," kata Dorce dikutip pada Senin (31/1/2022).

Artis 58 tahun itu menjelaskan bahwa kelak siapa saja bisa mengurus kematiannya baik laki-laki atau perempuan. Mulai dari kain kafan yang akan digunakan hingga memandikan jenazah, Dorce menyerahkannya kepada keluarga.





"Mau kain kafannya tujuh lapis, delapan lapis, saya serahkan kepada yang ngurus. Yang mau ngurus laki-laki boleh, perempuan boleh, laki-laki, perempuan boleh, jadi siapa saja boleh memandikan saya," jelas Dorce.

Selain itu, Dorce juga mengingatkan kepada para kyai untuk tidak memberiakn komentar buruk soal wasiatnya. Menurut Dorce, seharusnya seorang kyai memberikan himbauan dan suguhan kepada masyarakat.

"Jadi kiyai-kiyai yang udah terkenal sekalipun jangan memberikan komentar yang kurang baik. Harusnya Anda seorang kiyai memberikan suguhan, himbauan kepada seseorang siapapun karena saya juga manusia mempunyai tanggung jawab untuk hidup dan mati saya," tandasnya.

Postingan tersebut langsung menuai beragam komentar dari netizen . Mereka menyoroti tanggapan Dorce yang dinilai tidak menerima masukan dari para kyai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)