5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

Jum'at, 12 Juni 2020 - 15:30 WIB
loading...
5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Saat New Normal
Ada sejumlah kebiasaan baik yang tetap perlu dilakukan untuk menghadapi masa new normal di tengah masa transisi dari PSBB selama pandemi Covid-19. (HR Daily Advisor)
A A A
Beberapa wilayah di Indonesia tengah mempersiapkan protokol new normal. Kota Jakarta, misalnya, saat ini berada dalam masa transisi dari masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke new normal, suatu perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah penerapan protokol kesehatan guna mengurangi penularan COVID-19.

Namun, sadar atau tidak, kita telah melewati batas waktu yang diperlukan untuk membangun kebiasan-kebiasaan baru selama pembatasan sosial ini. Beberapa penelitian menunjukkan diperlukan waktu 30—60 hari untuk membangun sebuah kebiasaan baru atau menghentikan kebiasaan buruk, secara sengaja maupun tidak. Artinya, hal-hal yang sudah atau belum dilakukan sebelumnya akan menjadi kebiasaan baru dan semakin mudah untuk dilanjutkan.

Setelah melalui masa-masa isolasi, penting untuk diingat bahwa harus melindungi diri dengan tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dan gaya hidup sehat. Berikut lima kebiasaan baik yang tetap perlu dilakukan untuk menghadapi new normal berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews.

1. Tetap menjaga jarak
5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

Terdapat beberapa tanda pada lantai pertokoan, trotoar, dan platform kereta di lingkungan. Tanda-tanda ini dibuat untuk tetap menjaga jarak aman guna menghindari penularan virus corona. Untuk itu, pastikan mematuhi peraturan baru tersebut saat memasuki masa new normal. Hal ini tidak hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar agar tetap aman, tentram, dan nyaman.

2. Menggunakan masker di ruang publik
5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

Menggunakan masker saat ini telah menjadi sebuah keharusan ketika berada di luar rumah. Menggunakan masker membantu melindungi diri dari kontak langsung dengan droplet. Terdapat dua tipe masker antara lain, masker bedah dan masker kain. Masker bedah dirancang untuk pekerja medis atau mereka yang mempunyai risiko tertular lebih tinggi, sedangkan masker kain dapat digunakan masyarakat umum.

Saat ini, masker kain hadir dengan desain menarik yang dapat disesuaikan menurut selera. Namun, Anda tetap harus memperhatikan bahan yang digunakan masker. Masker yang terbuat dari campuran bahan katun dan chiffon atau katun dan sutra, dianggap efektif dalam menyaring cairan sisa pernapasan dan aerosol. Selain itu, satu masker hanya boleh digunakan untuk satu orang.

3. Rajin mencuci tangan
5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

Kebiasaan baru lainnya yang dapat melindungi diri adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah membagikan panduan mencuci tangan yang baik dan benar, seperti menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak dua kali atau sekitar 20 detik. Namun, ada kalanya berada di suatu tempat atau dihadapkan pada situasi yang sulit untuk mendapatkan sabun dan air. Oleh karena itu, ada baiknya selalu membawa handsanitizer dengan kandungan alkohol kemanapun Anda pergi.

4. Membawa peralatan makan sendiri
5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

Pandemi COVID-19 memberikan pelajaran yang berbeda kepada setiap orang, tetapi hampir seluruh di antaranya telah memperlihatkan perubahan-perubahan dalam rutinitas sehari-hari. Seperti halnya menjadi lebih sering makan di rumah. Namun, bagi mereka yang makan di luar rumah, seperti restoran atau kafe, diharuskan membawa peralatan makan dan minum pribadi.

5. Tetap rutin berolahraga
5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

Rutin berolahraga penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh dengan menjalankan gaya hidup sehat dan tetap aktif. Cobalah untuk berolahraga setiap hari di rumah sebelum dan atau sesudah melakukan rutinitas harian. Ada banyak tutorial olahraga dan peregangan yang bisa diakses secara gratis. Anda juga bisa mengunjungi Jr. NBA at Home untuk panduan olahraga dan latihan basket yang dapat dilakukan di rumah dan pada ruang yang terbatas.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)