Kolesterol pada Ikan Patin Tinggi, tapi Kaya Asam Lemak Tak Jenuh

Rabu, 02 Februari 2022 - 17:30 WIB
loading...
Kolesterol pada Ikan Patin Tinggi, tapi Kaya Asam Lemak Tak Jenuh
Kadar kolesterol pada ikan patin dilaporkan tinggi. Ikan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang melonjak. Foto/Unair News
A A A
JAKARTA - Kadar kolesterol pada ikan patin dilaporkan tinggi. Ikan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang melonjak. Tingkat kolesterol yang sehat di bawah 200 miligram per desiliter.

Untuk menjaga kolesterol Anda dalam kisaran yang sehat, penting untuk makan diet seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran dan makanan utuh lainnya. Makan makanan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda seperti ikan patin, dapat mengelola kadar kolesterol.

Ikan patin mengandung lemak omega-3 dan lemak tak jenuh ganda omega-6, yang penting untuk kesehatan. Disarankan agar mengonsumsi 1 gram lemak omega-3 setiap hari untuk kesehatan jantung dan Anda mendapatkan antara 5 dan 10% kalori dari asam lemak omega-6.

Baca Juga: Serai Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ampuh Usir Lemak Jahat

Ikan patin mengandung jumlah lemak omega-6 yang relatif tinggi, yaitu 65 miligram per porsi 3 ons. Lemak ini membantu menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol baik, terhadap kolesterol jahat, menurut artikel 2009 yang diterbitkan dalam Circulation.

Semakin tinggi kadar kolesterol baik Anda terhadap kolesterol jahat, semakin baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Ikan patin juga mengandung 150 hingga 200 miligram lemak omega-3 dalam porsi 3 ons. Lemak ini juga dapat mempengaruhi kolesterol, tetapi tidak selalu dengan cara yang konsisten.

Dilansir dari Sfgate, Rabu (2/2/2022) mengonsumsi lemak ini dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik, tetapi juga dapat meningkatkan kolesterol jahat Anda.

Baca Juga: 4 Olahraga Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 2 Bisa Dilakukan Setiap Hari
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1362 seconds (10.177#12.26)