Dianjurkan Puasa ketika Bulan Rajab, Ini Beragam Manfaatnya buat Kesehatan

Kamis, 03 Februari 2022 - 07:49 WIB
loading...
Dianjurkan Puasa ketika Bulan Rajab, Ini Beragam Manfaatnya buat Kesehatan
Bukan hanya mendapatkan berkah, berpuasa juga baik untuk kesehatan tubuh. / Foto: ilustrasi/Medical news Today
A A A
JAKARTA - Di awal-awal bulan Rajab seperti saat ini, umat Islam disunnahkan untuk berpuasa . Menurut Ustaz Ady Kurniawan Al Asyrofi, Rajab termasuk empat bulan yang dimuliakan.

"Seutama-utama puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab )," terang Ustaz Ady Kurniawan kepada MNC Portal, belum lama ini.

Bukan hanya mendapatkan berkah, berpuasa juga baik untuk kesehatan tubuh . Dikutip dari buku Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik karya Ramadhani dkk, disebutkan bahwa ada banyak manfaat puasa yang mungkin tidak banyak diketahui.

Baca juga: Stres Bisa Jadi Pemicu Kanker Payudara, Waspada!

Dari sejumlah penyakit yang bisa diobati dengan puasa, salah satunya adalah radang sendi. Di samping itu, berpuasa juga dapat membantu seseorang yang sedang sakit agar cepat pulih dan sembuh.

Khusus untuk penyakit tertentu, seperti diabetes yang sudah tergantung dengan insulin, tentunya tidak bisa berpuasa sebab diharuskan menggunakan insulin secara rutin.

Namun, puasa bisa menghidupkan kembali zat insulin dalam tubuh. Teruntuk penyakit-penyakit seperti tuberkulosis, radang sendi, pencernaan, lupus, dan penyakit kulit, dengan berpuasa maka akan membantu proses penyembuhannya.

Sementara, dilansir laman Health Line, puasa juga dapat membantu meredakan peradangan, serta membantu mencegah gangguan neurodegeneratif.

Secara khusus penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi dan meningkatkan hasil untuk kondisi seperti penyakit alzheimer dan parkinson.

Baca juga: 5 Kota Terpadat di Dunia, Nomor 1 Termasuk Pusat Keuangan Global

Puasa juga terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3664 seconds (0.1#10.140)