Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Ungkap Pentingnya Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Sabtu, 05 Februari 2022 - 16:02 WIB
loading...
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Ungkap Pentingnya Pemberdayaan Perempuan Indonesia
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan pentingnya pemberdayaan perempuan Indonesia. Ini terbukti dari Kemenparekraf yang memberikan dukungan pada perempuan. Foto/Instagram Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan pentingnya pemberdayaan perempuan Indonesia. Ini terbukti dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang selalu memberikan dukungan pada perempuan Indonesia.

Bahkan, demi terus mendorong perempuan Indonesia dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf menghadirkan beberapa program.

"Upaya yang dilakukan dalam pemberdayaan perempuan, kami dukung dari hulu sampai hilir," kata Angela dalam Konferensi Nasional Perempuan Indonesia 2022: Gerakan dan Peran Perempuan untuk Perubahan Menuju Indonesia 2024, Sabtu (5/2/2022).

Adapun upaya Kemenparekraf untuk pemberdayaan perempuan di antaranya adalah meningkatkan daya saing. Dalam hal ini Kemenparekraf akan memberikan sertifikasi profesi maupun beragam pelatihan. Pada 2022, Kemenparekraf berencana memfasilitasi sertifikasi kompetensi bagi 18.400 sumber daya manusia pariwisata dan 2.000 untuk ekonomi kreatif.

Baca Juga: Lebih Hemat! Belanja Harbolnas dengan Diskon dari Kemenparekraf



Selanjutnya ada peningkatan kapasitas kewirausahaan. Menurut Angela, pihaknya akan membantu dalam pendampingan digital dan juga entrepreneurship.

"Karena kami yakin ketika kita meningkatkan jumlah pengusaha perempuan, maka mereka bisa turut mendukung pembentukan lingkungan usaha yang ramah perempuan," jelas Angela.

Kemudian, Kemenparekraf turut melakukan program upscalling sehinga para pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif bisa lebih maju lagi melalui berbagai program. Seperti contohnya program hibah design.

"Jadi memberikan hibah design kemasan produk untuk UMKM sehingga menjadi lebih menarik untuk dijual," ujar Angela.

Baca Juga: Manfaatkan Voucher PSBBI, Dukung Pelaku UMKM di Harbolnas

Di sisi lain, Angela bersama Kemenparekraf paham betul permasalahan klasik yang kerap dihadapi para pelaku usaha, khususnya perempuan yakni permodalan. Angela menyebut Kemenparekraf akan memberikan bantuan insentif pemerintah untuk modal usaha.

"Dan kami juga pertemukan antara pelaku usaha parekraf dengan berbagai alternatif sumber pembiayaan dari berbagai lembaga keuangan dan investor," ungkap Angela.

Di samping itu, Angela mengaskan seluruh program Kemenparekraf sangat berpihak pada perempuan Indonesia. Terbukti, salah satu program yakni Beli Kreatif Lokal didominasi oleh kaum perempuan.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3403 seconds (10.55#12.26)