Berkontribusi Tekan Penyebaran Omicron, Klinik Ini Sediakan Fasilitas Antigen Murah

Minggu, 06 Februari 2022 - 05:30 WIB
loading...
Berkontribusi Tekan Penyebaran Omicron, Klinik Ini Sediakan Fasilitas Antigen Murah
Klinik OMDC menyediakan tes swab antigen dengan harga bersaing, bahkan dapat dikatakan yang termurah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 varian Omicron diperkirakan masih akan terus meningkat. Tingkat penularan virus varian baru ini bahkan lebih tinggi dibandingkan varian Delta.

Fakta tersebut mendorong masyarakat untuk lebih mengetatkan protokol kesehatan dan melakukan tes Covid-19 secara mandiri. Langkah ini bisa menjadi upaya mencegah sekaligus mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penularan dan penyebaran Covid-19.

Masyarakat pun sudah semakin mudah melakukan swab test, terutama di kota-kota besar. Namun harus diingat, tidak semua klinik mempunyai izin resmi dan memiliki laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan, sehingga masyarakat diharapkan jangan asal memilih.

Epidemiolog dari Universitas Airlangga Windu Pranomo menyebutkan bahwa pengujian yang tidak dilakukan sesuai standar bisa menyebabkan perbedaan hasil tes Covid-19, sehingga dalam melakukan tes harus sesuai SOP, prosedur, dan peralatannya agar hasil akurat.

Saat ini masyarakat sudah memiliki banyak pilihan tempat untuk melakukan swab test. Salah satunya Klinik OMDC yang bertempat di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. Klinik ini menyediakan tes swab antigen dengan harga bersaing, bahkan dapat dikatakan yang termurah.

Founder OMDC drg. Oktri Manessa menyebutkan, meskipun core bisnis OMDC adalah klinik kesehatan gigi, namun ia sangat concern pada upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di Indonesia. Maka itu, sejak beberapa waktu lalu, OMDC menyediakan layanan swab di seluruh cabangnya dan selalu berusaha memberikan harga terbaik.

“Jika harga untuk melakukan tes saja sudah mahal, masyarakat akan terbebani dan akhirnya mereka tidak tergerak untuk melakukan tes secara mandiri. Dampaknya adalah mata rantai penularan ini tidak akan putus putus, karena bisa jadi orang yang tanpa gejala, tanpa sadar menularkan pada orang terdekatnya,” ujar drg. Oktri Manessa, belum lama ini.

Drg. Oktri menjelaskan, dengan melakukan tes usap rapid antigen ataupun PCR, seseorang bisa mengetahui kondisi terkini kesehatan tubuhnya, sehingga bila hasilnya ternyata positif, bisa segera mengambil langkah langkah untuk melindungi orang di sekitarnya.

Saat ini harga swab antigen di OMDC adalah Rp89 ribu. Selain itu juga OMDC menyediakan layanan home care sehingga masyarakat dapat melakukan tes di rumah.

Prosedur dan peralatan yang dimiliki OMDC pun dipastikan sudah sesuai standar, dan didukung oleh tenaga profesional yang terpercaya. Yang paling penting adalah setiap pemeriksaan yang dilakukan di OMDC sudah terintegrasi dengan e-HAC dan aplikasi PeduliLindungi, sehingga setiap hasil yang keluar dapat langsung dilihat di aplikasi serta digunakan untuk bepergian ataupun mengunjungi tempat yang mewajibkan scan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)