3 Kampung Paling Banyak Janda di Indonesia, yang Terakhir Dapat Rumah Gratis

Jum'at, 11 Februari 2022 - 18:43 WIB
loading...
3 Kampung Paling Banyak Janda di Indonesia, yang Terakhir Dapat Rumah Gratis
Ada tiga kampung yang paling banyak janda di Indonesia. Kampung ini diisi janda berbagai macam latar belakang, dari ditinggal meninggal dunia dan bercerai. Foto/iNews
A A A
JAKARTA - Ada tiga kampung yang paling banyak janda di Indonesia. Kampung ini diisi janda dengan berbagai macam latar belakang, dari ditinggal meninggal dunia dan bercerai.

Beberapa faktor yang mempengaruhi banyaknya janda di kampung-kampung ini adalah rendahnya tingkat pendidikan dan tingginya angka pernikahan dini. Selain itu, ada juga faktor suami yang meninggal dunia.

Dua hal tersebut menjadi faktor terbesar yang menyebabkan banyak selain wanita berstatus janda. Akibatnya kampung-kampung ini dijuluki kampung janda. Lantas kampung mana saja yang banyak jandanya?

Berikut daftar kampung yang paling banyak janda di Indonesia seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/2/2022).


1. Desa Ciburayut, Bogor

3 Kampung Paling Banyak Janda di Indonesia, yang Terakhir Dapat Rumah Gratis


Kampung yang paling banyak janda di Indonesia pertama adalah Desa Ciburayut di kaki Gunung Salak, Bogor. Mayoritas janda di kampung ini ditinggal meninggal oleh suaminya yang bekerja sebagai penambang pasir di Gunung Salak dan meninggal karena kecelakaan kerja yang terjadi di daerah tambang pasir.

Selain karena kecelakaan kerja, ada juga suami yang meninggal karena sakit. Hal ini membuat jumlah janda di kampung ini banyak sekali. Menurut Ade Suryadi selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan bahwa jumlah janda yang tinggal di Desa Ciburayut ini mencapai 30 orang.

Sementara jumlah kepala keluarga yang tinggal di desa ini mencapai 65 kepala keluarga. Hal ini menunjukkan hampir 50% dari keluarga di desa ini terdiri dari janda. Faktor Pendidikan rendah dan tingginya pernikahan dini juga membuat beberapa janda di desa ini bercerai hingga dua hingga tiga kali.

2. Kampung Batuah, Banjarbaru
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)