Mengandung Kolesterol Tinggi, Daging Kepiting Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Sabtu, 12 Februari 2022 - 19:30 WIB
loading...
Mengandung Kolesterol Tinggi, Daging Kepiting Jangan Dikonsumsi Berlebihan
Daging kepiting mengandung kolesterol tinggi yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Kepiting seperti semua sumber daging lainnya mengandung kolesterol. Foto/Crab Meat Supplier
A A A
JAKARTA - Daging kepiting mengandung kolesterol tinggi yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Meski terasa enak, kepiting sama seperti semua sumber daging lainnya mengandung kolesterol yang bisa mengancam kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (12/2/2022) kepiting mengandung 71 miligram kolesterol per porsinya. Namun, jumlah ini tidak sama karena setiap bagian dari kepiting memiliki jumlah kolesterol berbeda-beda.

Bagian kaki kepiting disebut-sebut mengandung jumlah kolesterol yang lebih tinggi, yakni mencapai 112 miligram. Oleh karena itu, Anda disarankan tidak mengonsumsi kepiting secai berlebihan.

Apalagi sebelumnya memiliki riwayat kolesterol, bisa jadi jika mengonsumsi makanan laut satu ini, bisa menyebabkan kadar kolesterol naik . Bahkan dikhawatirkan dapat memicu masalah kesehatan lainnya.


Namun faktanya, kandungan kolesterol dalam kepiting tidak sebesar jumlah yang dimiliki oleh udang. Di mana kadar kolesterolnya bisa mencapai 189 miligram per 3,5 onsnya.

Sementara itu meski kolesterol dalam daging kepiting jumlahnya cukup banyak, namun makanan ini mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, serta lemak dan kalori yang rendah.

Selain itu, daging kepiting secara alami juga tinggi kadar natrium. Zat ini sangat berpengaruh dan bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk itu bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi, maka disarankan untuk menghindari mengosumsi kepiting secara berlebihan.

United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan, konsumsi hidangan laut jenis ikan atau kerang-kerangan lebih aman jika dikonsumsi sesuai takaran, yaitu sekitar 8 ons dalam satu minggu atau 226 gram dalam seminggu.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)