Kisah Anggi yang Peroleh Kebahagiaan Batin sebagai Pendonor Mata

Senin, 14 Februari 2022 - 21:29 WIB
loading...
A A A
Salah satu syarat yang harus dipenuhi calon pendonor ialah memastikan sudah mengantungi izin dari pihak keluarga (orangtua atau pasangan) jika yang bersangkutan adalah seorang pendonor kornea mata. Memutuskan jadi pendonor mata, pertama kali orang yang Anggi mintai izin adalah sang suami tercinta.

Setelah mendapatkan izin suami, Anggi turut meminta izin dan memberi tahu orangtua serta semua kakak kandungnya.

Pada tahap ini, Anggi bisa dibilang beruntung karena proses yang ia lalui mulus tanpa penolakan. Walau ia sempat dimintai kepastian oleh keluarga agar kornea mata yang disumbangkan memang untuk orang yang membutuhkan, bukan untuk jual beli organ.

“Alhamdulillah aku punya keluarga yang open minded. Jadi enggak perlu aku jelasin pelan-pelan, mereka sudah paham dan alhamdulillah juga nggak ada penolakan, langsung disetujui,” lanjut Anggi.

Proses Pendaftaran

Kemajuan zaman yang sudah serbamodern ditambah kecanggihan teknologi yang memudahkan aktivitas manusia, terlihat pada proses Anggi menjadi seorang pendonor kornea mata. Ia menjatuhkan pilihan untuk mendaftar di salah satu organisasi non-profit yang menangani donor kornea mata di Indonesia, Lions Eye Bank Jakarta.

Anggi menuturkan, kala itu ia cukup mengakses situs resmi Lions Eye Bank Jakarta. Selanjutnya, ia tinggal mengisi form pendaftaran dengan lengkap dan mengirimkannya secara online.

“Setelah submit form, aku konfirmasi ke Whatsapp mereka kalau sudah register,” katanya.

Hanya butuh waktu dua hari, pesan balasan berisi konfirmasi alamat pengiriman dan biaya kirim paket kit identitas pendonor kornea mata sudah diterima Anggi.

“Lalu kira-kira seminggu kemudian, starter kitnya datang dan selesai, per 31 Januari 2021 aku officially jadi pendonor kornea mata di Lions Eye Bank Jakarta,” ujarnya, semangat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2604 seconds (0.1#10.140)