Obat Pasien Omicron yang Isoman di Rumah, Tanpa Resep Dokter

Selasa, 22 Februari 2022 - 05:05 WIB
loading...
Obat Pasien Omicron yang Isoman di Rumah, Tanpa Resep Dokter
Obat untuk pasien Omicron yang tengah menjalani isolasi mandiri ada yang bisa dibeli di warung atau apotik. Obat ini dibeli dengan bebas tanpa resep dokter. Foto/Minevander
A A A
JAKARTA - Obat untuk pasien Omicron yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) ada beberapa yang bisa dibeli di warung atau apotik. Obat ini bisa dibeli dengan bebas tanpa resep dokter.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan obat ini bisa membantu mengatasi gejala Omicron . Mulai dari batuk, flu atau pilek, sakit tenggorokan hingga demam.

"Kemudian obat penurun panas, obat yang berwarna hijau. Jadi bisa dibeli dengan bebas tidak perlu resep dokter," kata Siti Nadia baru-baru ini.

Selain obat untuk mengatasi gejala, Nadia Tarmizi juga menyarankan pasien Omicron yang menjalani isolasi mandiri untuk minum vitamin. Seperti halnya vitamin C 500 miligram dan D3 1000 miligram yang bisa dibeli tanpa resep dokter.





"Salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas kalau positif Covid-19 dan tidak bergejala adalah dengan minum vitamin. Vitamin bisa dibeli karena obat bebas," saran Siti Nadia.

Namun, jika sudah minum obat tapi demam tak kunjung membaik, Siti Nadia mengimbau untuk segera ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat. Pasalnya, obat-obatan ini bersifat bebas yang menghilangkan gejala.

Dalam kasus ini, Siti Nadia menekankan pasien Omicron tidak boleh terlambat penanganan. Menurut Siti Nadia, penting untuk mendapat penanganan sesegera mungkin.

"Kalau kemudian demamnya tidak turun, demamnya tambah berat, segera ke fasyankes. Itu akan menjadi pilihan terbaik," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)