Kemenkes Ungkap Kemungkinan Pandemi Covid-19 di Indonesia Jadi Endemi

Selasa, 22 Februari 2022 - 18:54 WIB
loading...
Kemenkes Ungkap Kemungkinan Pandemi Covid-19 di Indonesia Jadi Endemi
Kemenkes mengungkap kemungkinan pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi endemi. Hal ini disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kemungkinan pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi endemi . Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menegaskan sampai saat ini belum ada perubahan status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

Meski demikian, Siti Nadia tak memungkiri bahwa endemi adalah harapan semua orang. Oleh karena itu, pemerintah terus mengupayakan hal tersebut.

"Tentu, (mengubah pandemi menjadi endemi) adalah sesuatu yang kita semua harus terus upayakan bersama," kata Siti Nadia saat siaran pers virtual, Selasa (22/2/2022).

Harapan Indonesia bisa mengubah pandemi Covid-19 menjadi endemi cukup besar. Terlebih, Siti Nadia menyebut bahwa kasus positif Covid-19 di Indonesia pernah di angka 200 per hari.

Baca Juga: Omicron Siluman BA.2 Picu Infeksi Lebih Parah, Berikut Ini Gejalanya



"Indonesia pernah sampai di angka (konfirmasi kasus Covid-19 harian) 200 per hari. Ini sangat rendah dan memungkinkan sekali jika terus dikendalikan bisa ke arah endemi," ungkap Siti Nadia.

Menurut Siti Nadia, beberapa negara seperti Inggris akan menormalkan kehidupan seperti sebelum Covid-19 dengan kasus Covid-19 yang terus terkendali. Selain Inggris, beberapa waktu lalu Amerika Serikat mengisyaratkan akan segera mengubah status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

Hal ini bahkan didukung oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika yang mengatakan sangat memungkinkan negara itu menjadikan Covid-19 sebagai endemi.

"Kita semua punya tujuan yang sama bahwa Covid-19 tidak lagi mengganggu kehidupan sehari-hari dan kita akan menganggap Covid-19 itu bukan krisis lagi karena penyakitnya bisa diobati dan dapat dicegah," jelas Direktur CDC dr Rochelle Walensky dilansir dari Fox News.

Baca Juga: Obat Pasien Omicron yang Isoman di Rumah, Tanpa Resep Dokter

Walensky bahkan berjanji agar Amerika Serikat siap bergerak maju ke arah yang lebih baik. Hal ini juga sejalan dengan terus dipantau oleh bidang keilmuan sains dan tren epidemiologi yang update.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3762 seconds (11.210#12.26)