Siap Digelar, Prambanan Jazz 2022 Hadirkan Musisi 3 Generasi dan Pembayaran NFT

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:50 WIB
loading...
Siap Digelar, Prambanan Jazz 2022 Hadirkan Musisi 3 Generasi dan Pembayaran NFT
Siap digelar, Prambanan Jazz 2022 hadirkan musisi 3 generasi dan pembayaran NFT. Foto/Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Gelaran festival musik jazz tahunan Prambanan Jazz Festival (PJF) 2022 siap digelar di lapangan Rama Shinta, kawasan wisata Candi Prambanan, Yogyakarta yang akan berlangsung pada 1-3 Juli 2022.

Memasuki sewindu atau delapan tahun penyelenggaraan PJF kali ini mengambil tema Sewindu Merayakan Rindu akan menghadirkan suguhan musisi penampil dari tiga generasi dan konsep non-fungible token (NFT) untuk sistem pembayaran.

"Tahun ini Prambanan Jazz Festival memasuki usia sewindu dan dua tahun terakhir ini rasanya perjalanannya berat sekali karena pandemi dan kali ini kemasan tema 'Sewindu Merayakan Rindu' ini menjadi penanda perayaan perjumpaan kami dengan PJF Lovers yang selama dua tahun lebih tidak bisa menyaksikan langsung Prambanan Jazz Festival," kata Anas Syahrul Alimi, selaku Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz Festival dalam jumpa pers virtual yang diikuti SINDOnews.com, Rabu (23/2/2022).

Meski masih diliputi situasi pandemi yang belum selesai, Anas Syahrul Alimi tetap optimis Prambanan Jazz Festival 2022 tetap bisa digelar secara hybrid dengan penonton offline sesuai protokol kesehatan. "Jumlah penonton akan kami batasi dan tidak akan sebanyak sebelum pandemi demi menjaga protokol kesehatan di tengah situasi pandemi saat ini," ucap Anas Syahrul Alimi.



Bakkar Wibowo, co founder Prambanan Jazz Festival, menyatakan, sejumlah musisi ternama Indonesia akan dihadirkan di atas panggung hybrid Prambanan Jazz Festival 2022.Untuk bintang tamu, konser yang dipromotori oleh Rajawali Indonesia itu akan menghadirkan musisi yang tak kalah keren dari tahun-tahun sebelumnya.

Bakkar mengumumkan pengisi acara itu diantaranya adalah Andien, Bemandry, Diskoria, Iskandar Widjaya feat Erik Shondy, Kahitna, Kukuh Ku Damai feat Ndarboy Genk, Kunto Aji, Mus Mujiono x Deddy Dhukun x Everyday, Orkes Sinten Remen feat Jogja Hiphop Foundation, Maliq & D'Essentials dan Sore. Sayangnya untuk tahun ini, Prambanan Jazz 2022 belum bisa mengundang bintang tamu internasional dikarenakan masalah regulasi.

Tahun ini, penyelenggara Prambanan Jazz juga akan melanjutkan program ajang pencarian bakat yakni Prambanan Jazz Virtual Festival. Setelah Kalimantan, tahun ini Prambanan Jazz Festival akan mencari musisi berbakat dari Jabodetabek dan Jawa Barat.

Menariknya,ditengah maraknya pembayaran digital Prambanan Jazz Festival 2022 juga menghadirkan NFT sebagai tiket masuk pertunjukan sebanyak 1.000 collection item. Robin Syihab, Direktur PT TNT dan founder Rantai Nusantara Foundation, menyatakan, NFT ini dibagi menjadi empat tipe dengan menawarkan sejumlah manfaat.

Manfaat yang ditawarkan diantaranya mulai akses seumur hidup nonton Prambanan Jazz Festival, merchandise hingga bertemu langsung dengan artis penampil dan nonton dari bangku VVIP. "NFT yang diluncurkan Prambanan Jazz ini akan menjadi bukti otentik kepemilikan, seperti membership atas aset digital itu," kata Robin Syihab.

Sebagai informasi, Prambanan Jazz NFT memasang harga 0,01 ETH atau sekitar Rp 389 ribu untuk per item. Jumlahnya pun tak banyak yakni hanya tersedia 1000 NFT yang siap diperebutkan. Siapa saja bisa menjadi pemilik Prambanan Jazz NFT. Situs pembelian NFT bisa diakses lewat web nft.prambananjazz.com.

Sayangnya dikarenakan masih dalam situasi pandemi, penyelenggara hanya menyediakan 2.500 tiket per harinya. Tapi tak perlu khawatir, para penikmat jazz juga bisa menonton secara online di saluran Indihome UseeTV iKonser Channel 459 SD/ 949 HD.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)