Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Senin, 15 Juni 2020 - 21:30 WIB
loading...
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
Tekanan darah tinggi atau hipertensi meningkatkan risiko masalah jantung, stroke, dan gagal ginjal. Lalu, bagaimana mengontrol tekanan darah tinggi? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi jika tekanan darah berada di atas angka normal. Pembacaan tekanan darah dibagi menjadi dua, yaitu tekanan darah sistolik dan diastolik.

Pada orang dewasa, tekanan darah dianggap normal jika nilai sistolik kurang dari 140 mmHg dan nilai diastolik kurang dari 90 mmHg.

Jika nilai sistolik berada lebih dari 140 mmHg dan nilai diastolik lebih dari 90 mmHg, maka seseorang dianggap memiliki tekanan darah tinggi. Sementara, seperti diketahui, hipertensi meningkatkan risiko masalah jantung, stroke, dan gagal ginjal. Oleh sebab itu, Gaya hidup sehat memainkan peran utama dalam mengontrol tekanan darah tinggi.

Lalu, bagaimana cara menurunkan hipertensi. Seperti dilansir Boldsky, berikut beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

1. Berolahraga setiap hari
Aktivitas fisik seperti aerobik dengan intensitas sedang hingga tinggi diyakini terbukti menurunkan tekanan darah sebesar 11/5 mm Hg.

2. Kurangi asupan garam
Konsumsi garam dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Hindari terlalu sering makan di restoran terlalu dan kurangi juga makanan olahan. (Baca juga: Mal Dibuka, Ini Panduan Belanja Aman dan Sehat Selama Pandemi ).

3. Berhenti merokok
Orang yang merokok cenderung mengalami tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung. Jadi, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk segera berhenti merokok.

4. Kurangi konsumsi alkohol
Minum alkohol dalam jumlah sedang hingga berat dapat meningkatkan kadar tekanan darah dan juga mengurangi efektivitas obat untuk tekanan darah.

5. Hindari stres
Jika Anda memiliki banyak pikiran sampai menyebabkan stres, itu akan meningkatkan tingkat tekanan darah Anda. Anda busa mencoba mempraktikkan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga yang dapat membantu menghilangkan stres Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)