Sering Kesemutan di Kaki? Ini yang Harus Anda Lakukan

Jum'at, 24 April 2020 - 12:41 WIB
loading...
Sering Kesemutan di Kaki? Ini yang Harus Anda Lakukan
Anda pernah mengalami kesemutan di kaki, setelah duduk bersila terlalu lama? Kondisi ini membuat kaki seperti mati rasa selama beberapa menit. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Anda semua pasti mengalami sensasi kesemutan di kaki, setelah duduk bersila terlalu lama. Bukan hanya perasaan yang paling menjengkelkan, juga membuat kaki Anda mati rasa selama beberapa menit.

Istilah teknis untuk menggambarkan kondisi ini adalah 'paresthesia', di mana kesemutan terjadi ketika Anda secara tidak sengaja menekan beberapa saraf tubuh. Tekanan pada saraf ini sementara memotong komunikasi dengan otak, yang membuatnya mati rasa untuk sementara waktu.

Anda mungkin mengalami mati rasa, sensasi kesemutan, sensasi terbakar atau pin dan jarum menembus kulit Anda dalam situasi seperti itu. Untuk menghindari situasi ini, lebih baik tidak duduk dalam posisi tertentu selama berjam-jam. Pastikan Anda menggerakkan lengan dan kaki Anda setiap 15-20 menit.

Meskipun ini adalah situasi yang benar-benar tidak berbahaya, Anda dapat menggunakan cara-cara berikut untuk segera memberikan kelegaan pada diri sendiri. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya.

1. Gunakan es
Paket es adalah cara terbaik untuk meredakan ketegangan saraf. Meletakkan kompres es pada bagian tubuh yang mati rasa dapat membantu mengurangi sensasi kesemutan dan juga akan membantu sirkulasi darah. (Baca juga: Lengkapi Takjil Buka Puasa dengan Kolak, Ini Resepnya) .

2. Pemandian garam Epsom
Mandi garam Epsom adalah metode luar biasa untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Untuk mencegah situasi seperti itu, Anda harus menanamkan pemandian Epsom dalam rutinitas. Anda dapat dengan mudah menggunakan garam Epsom dua kali seminggu, saat Anda mandi.

3. Olahraga
Jika Anda menemukan kaki Anda kesemutan, yang perlu dilakukan adalah menggerakkan otot. Mungkin sulit, karena sensasi kesemutan membuatnya sulit untuk menggerakkan bagian tubuh. Jika kaki Anda kesemutan, cukup gerakkan ke depan dan ke belakang. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke bagian tubuh itu.

4. Pijat
Jika Anda tidak dapat menggerakkan kaki setelah tertidur, pijat saja dengan lembut. Memijat juga membantu dalam meningkatkan aliran darah dan akan membantu meringankan saraf dari bagian tubuh yang mati rasa.(Baca Juga: Manfaat Puasa bagi Tubuh, Tingkatkan Kekebalan hingga Detoksifikasi.

5. Suplemen vitamin
Suplemen vitamin B harus menjadi keharusan dalam diet Anda jika kaki atau lengan Anda sering tertidur. Anda dapat dengan mudah memasukkan B-3, B-6, dan B-12 dalam diet Anda. Vitamin ini tidak hanya mempertahankan produksi darah biasa tetapi juga akan menjaga kesehatan sistem saraf Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)