Makanan Murah yang Bisa Hilangkan Kolesterol Jahat dalam Hitungan Minggu

Senin, 07 Maret 2022 - 08:10 WIB
loading...
Makanan Murah yang Bisa Hilangkan Kolesterol Jahat dalam Hitungan Minggu
Ada makanan murah yang dipercaya bisa menghilangkan kolesterol jahat dalam hitungan minggu. Ahli gizi May Simpkin mengatakan makanan tersebut adalah kacang. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Ada makanan murah yang dipercaya bisa menghilangkan kolesterol jahat dalam hitungan minggu. Ahli gizi dari Legume Chef May Simpkin mengatakan bahwa makanan tersebut adalah kacang-kacangan.

Dilansir dari Express, Senin (7/3/2022) teratur memasukkan kacang-kacangan dalam diet terbukti dapat membantu untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

"Untungnya, sangat mudah untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda. Yang membuat makanan begitu efektif dalam memerangi kolesterol adalah serat larut," kata Simpkin.

Kacang-kacangan bertindak sebagai pembawa yang dapat menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Makanan ini juga membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus ke dalam aliran darah, mendorong pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan di usus besar.



Adapun kacang-kacangan penghilang kolesterol jahat dalam serat larut meliputi kacang, kacang polong hingga lentis. Kebanyakan kacang-kacangan dapat divariasi, jadi jangan takut untuk memvariasikan warna, bentuk, dan ukuran yang Anda sertakan dalam makanan.

Kacang-kacangan kecil dapat mengurangi kolesterol hanya dalam enam minggu. Sebuah studi dari peneliti Kanada menemukan bahwa satu porsi kacang polong sehari selama periode 6 minggu mampu menurunkan kolesterol hingga 5 persen.

Berdasarkan penelitian ini, yang Anda butuhkan hanyalah 100 gram kacang-kacangan atau setiap hari. Sementara itu, kolesterol tinggi seperti halnya tekanan darah tinggi, tidak menimbulkan banyak gejala. Terlalu banyak zat ini dapat mendatangkan malapetaka di arteri dan memicu penyakit jantung dan stroke.

Kondisi ini menggambarkan penumpukan zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan masalah kesehatan serius lainnya. Sementara diet tidak sehat yang kaya lemak jenuh dapat memicu kolesterol tinggi, sebaliknya dapat membantu memperbaiki kerusakan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)