Pantangan Makanan bagi Penderita Kanker Payudara, Ini Daftarnya

Selasa, 08 Maret 2022 - 16:10 WIB
loading...
Pantangan Makanan bagi Penderita Kanker Payudara, Ini Daftarnya
Pantangan makanan bagi penderita kanker payudara dapat membantu proses pengobatan penyakit tersebut. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pantangan makanan bagi penderita kanker payudara dapat membantu proses pengobatan penyakit tersebut. Tentu, mengonsumi makanan yang sehat dan seimbang sangat penting bagi orang yang mengidap kanker ini.

Pasalnya, asupan nutrisi yang tepat bisa membantu tubuh lebih kuat dan sembuh dari pengobatan kanker yang dijalani. Pengobatan kanker diketahui bisa punya banyak efek samping seperti sariawan, nafsu makan rendah, mual, bahkan muntah-muntah.



Ketika pengidap kanker payudara merasa sakit akibat efek samping yang terkait dengan pengobatan, mereka biasanya hanya bisa mengonsumsi atau menoleransi makanan tertentu. Maka itu, saat kondisi sedang prima dan lebih sehat, penting untuk menjalani diet padat nutrisi yang penuh dengan makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, sumber protein seperti ayam dan ikan, makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, serta lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Mengutip laman Healthline, Selasa (8/3/2022), yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli diet profesional Jillian Kubala, MS, RD, dalam situasi tertentu yang ditentukan oleh dokter, pengidap kanker payudara perlu menghindari atau mengurangi konsumsi makanan dan minuman tertentu yakni:



1. Minuman Keras

Minuman beralkohol seperti bir atau anggur bisa berinteraksi dengan obat kanker yang dikonsumsi. Ada juga beberapa bukti terbatas bahwa minum beralkohol dapat meningkatkan risiko kekambuhan dan kematian untuk kanker payudara yang ada.

2. Makanan yang Sebabkan Nyeri di Mulut

Makanan pedas, renyah, atau asam yang disebut bisa meningkatkan rasa nyeri pada mulut, merupakan efek samping umum kemoterapi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)