Penyakit Lumpy Skin pada Sapi dan Kerbau Menular ke Manusia? Ini Penjelasan Ahli

Rabu, 09 Maret 2022 - 09:52 WIB
loading...
Penyakit Lumpy Skin pada Sapi dan Kerbau Menular ke Manusia? Ini Penjelasan Ahli
Penyakit lumpy skin pada sapi dan kerbau ditemukan kasus pertamanya di Indonesia. Foto Ilustrasi/Pro Agri
A A A
JAKARTA - Penyakit lumpy skin pada sapi dan kerbau ditemukan kasus pertamanya di Indonesia. Kantor berita ABC News menjelaskan, kasus ada di 31 desa di Pulau Sumatera.

Namun, Kementerian Kesehatan belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai hal ini. Di sisi lain, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) memastikan akan mengerahkan dokter hewan hingga paramedik untuk menangani kasus tersebut.



Banyak masyarakat khawatir dengan temuan kasus lumpy skin ini. Terlebih sebentar lagi akan memasuki momen Ramadhan yang mana banyak orang mengonsumsi daging sapi.

Lebih lanjut, ketakutan orang-orang atas penemuan kasus ini adalah penyakit bisa menyebar ke manusia. Tapi, apakah lumpy skin menyebar ke manusia?

Dijelaskan Dokter Hewan drh Aisyah Purnomosari, lumpy skin disease (LSD) itu tidak menular dari hewan ternak ke manusia. Artinya, penyakit ini bukan tergolong 'zoonosis'.



"LSD bukan penyakit zoonosis, artinya penyakit ini tidak menular ke manusia," terangnya pada MNC Portal,Rabu (9/3/2022).

Menurut data World Organisation for Animal Health (OIE) yang dibagikan drh Ais, penularan penyakit ini terjadi karena beberapa cara. Pada kebanyakan kasus, sapi atau kerbau terinfeksi LSD akibat tertular virus dari gigitan nyamuk, lalat, atau caplak yang berperan sebagai vektor penyakit LSD.

LSD juga terjadi apabila dalam satu tempat ada hewan yang terpapar Lumpy Skin Disease Virus (LSDV), virus penyebab LSD. Karena itu, jika ada satu hewan ternak yang terpapar, harus segera dipisahkan untuk meminimalisir penyebaran virus ke hewan lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)