Resso Wadahi Musisi Terhubung dengan Penggemar Selama Pandemi

Selasa, 16 Juni 2020 - 19:00 WIB
loading...
Resso Wadahi Musisi Terhubung dengan Penggemar Selama Pandemi
Menurut survei, streaming online memperlihatkan pertumbuhan 9% selama masa pandemi. Foto Ilustrasi/Business Insider
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-19 memberi dampak cukup berat bagi industri musik. Padahal, secara global industri ini bernilai ekonomi sebesar lebih dari USD50 miliar.

Selama masa pembatasan sosial, banyak pertunjukan ataupun penjualan musik secara fisik dihentikan. Kondisi ini membuat aplikasi streaming semakin penting di industri musik.

Sebuah survei dari McKinsey menunjukkan, 37% konsumen membelanjakan uang lebih banyak untuk hal-hal seperti hiburan. Streaming online juga memperlihatkan pertumbuhan 9% selama masa pandemi, sementara 74% konsumen berencana melanjutkan perilaku tersebut. ( )

Head of Music Resso Indonesia Christo Putra menjelaskan, masa pandemi telah menciptakan peluang bagi musisi untuk tetap terhubung dengan penggemar meskipun terbatas oleh jarak.

"Melalui inisiatif kami, Resso ingin memberdayakan musisi agar memiliki platform untuk mengekspresikan kreativitas dan terus melibatkan penggemar mereka melalui musik. Terutama selama masa yang penuh tantangan ini," kata Christo melalui siaran resminya, Selasa (16/6).

Baru-baru ini Resso meluncurkan sesi Q & A melalui aplikasinya, di mana penggemar dapat berinteraksi langsung dengan musisi favorit melalui kolom komentar di lagu mereka. Beberapa musisi telah bergabung dalam kegiatan ini.

Rahmania Astrini, penyanyi 19 tahun yang memulai karier pada 2017 melalui lagu "Menua Bersama" adalah salah satu seniman yang berkolaborasi dengan Resso dalam sesi Q & A. Pada bagian komentar lagu barunya yang berkolaborasi dengan Nino RAN di aplikasi Resso berjudul "Tak Bisa", dia mengaku menikmati kegiatan menjawab pertanyaan dari penggemar. Topiknya beragam, seperti proses rekaman hingga kegiatan selama Ramadhan kemarin.

"Sangat menyenangkan dapat berbincang dengan orang-orang yang menikmati musik saya. Kami berbicara tentang hampir semua hal di kolom komentar Resso. Saya merasa sangat terhubung dan tidak pernah berpikir hal itu mungkin terjadi sebelumnya. Saya bisa memberi mereka wawasan tentang proses pembuatan lagu terbaru saya dan menjawab keingintahuan mereka. Ini membuat saya menyadari betapa penting platform digital bagi musisi pada saat-saat sekarang," ungkap Rahmania.

Musisi lain yang bergabung dengan sesi tanya jawab Resso adalah Monica Karina dan Mira Jasmine. Dua musisi ini berkolaborasi untuk proyek lagu duet yang berjudul “Congratulations”.

"Ini pengalaman yang sangat baru bagi saya. Rasanya sangat personal karena kami harus menjawab pertanyaan satu per satu. Terhubung dengan penggemar melalui media sosial yang dikombinasikan dengan aplikasi streaming musik seperti Resso sangat penting saat ini. Ini adalah salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan agar kita dapat tetap terhubung dan berinteraksi dengan audiens," kata Mira Jasmine. ( )

"Saya pribadi merasa bahwa kehadiran secara online adalah kuncinya saat ini. Berhubung acara offline tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat, pemanfaatan platform digital yang ada dapat membantu musisi mempertahankan eksistensi di industri," timpal Monica Karina.

Selain sesi Q & A, Resso sebelumnya pernah mengadakan kegiatan #DiRumahBarengResso, yang merupakan sesi take-over akun Instagram resmi Resso (@ressoidn) untuk menghibur para pengguna selama periode #DiRumahAja. Musisi yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Raisa, Andien, Isyana Sarasvati, Eva Celia, The Panturas, Teddy Adhitya, dan Laze.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2002 seconds (0.1#10.140)