Selain Covid-19, Ini Penyakit yang Sangat Menular dan Perlu Diwaspadai

Kamis, 17 Maret 2022 - 05:05 WIB
loading...
Selain Covid-19, Ini Penyakit yang Sangat Menular dan Perlu Diwaspadai
Selain Covid-19, beberapa penyakit lainnya juga diketahui sangat menular dan perlu diwaspadai. Penyakit ini telah menyerang kehidupan manusia setiap musim. Foto/WHO
A A A
JAKARTA - Selain Covid-19 , beberapa penyakit lainnya juga diketahui sangat menular dan perlu diwaspadai. Penyakit-penyakit ini telah menyerang kehidupan manusia setiap musim dan sangat penting untuk memahami gejalanya dan diobati sebelum terlambat.

Penyakit pernapasan karena Covid-19 bertanggung jawab atas kematian tertinggi di seluruh dunia. Sesuai laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit pernapasan adalah penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia.

Sekitar 65 juta orang menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan 3 juta meninggal setiap tahun sehingga menjadikannya penyebab utama kematian ketiga di dunia. Penyakit pernapasan seperti tuberkulosis, pneumonia, influenza juga sangat menular. Setiap tahun banyak nyawa yang hilang akibat penyakit ini.

Berikut daftar penyakit yang sangat menular dan perlu diwaspadai dilansir dari Times of India, Kamis (17/3/2022).




1. Pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Streptococcus pneumoniae, haemophilus influenzae tipe b (Hib), virus pernapasan syncytial dan pneumocystis jiroveci adalah jenis umum patogen yang menyebabkan pneumonia. Penyakit ini menyumbang 14 persen kematian pada anak setiap tahun.

Pneumonia sangat menular. Menurut WHO, virus dan bakteri yang biasa ditemukan di hidung atau tenggorokan anak, dapat menginfeksi paru-paru jika terhirup. Mereka juga dapat menyebar melalui tetesan udara dari batuk atau bersin. Selain itu, pneumonia dapat menyebar melalui darah, terutama selama dan segera setelah lahir.

Gejala umum pneumonia adalah sesak napas dan atau nyeri saat bernapas. Kantung kecil yang ada di paru-paru yang disebut alveoli diisi dengan nanah dan cairan yang membatasi kapasitas pernapasan seseorang. Gejala pneumonia lainnya adalah nyeri dada, batuk, kelelahan, suhu tubuh rendah, mual, diare, muntah, berkeringat, dan kedinginan.

2. Tuberkulosis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3352 seconds (0.1#10.140)