Muncul Varian Baru Covid-19 Deltacron, Begini Gejala dan Cara Pengobatannya

Selasa, 15 Maret 2022 - 08:27 WIB
loading...
Muncul Varian Baru Covid-19 Deltacron, Begini Gejala dan Cara Pengobatannya
Kemunculan varian Covid-19 baru bernama Deltacron memicu rasa penasaran publik terkait gejala dan cara pengobatannya. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kemunculan varian baru Covid-19 bernama Deltacron memicu rasa penasaran publik terkait gejala dan cara pengobatannya.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, penanganan terhadap pasien yang terkena varian Deltacron sama seperti pasien pada varian Covid-19 lainnya.



“Treatment sama, cara dan pengobatannya masih tetap sama,” ujar dr. Reisa dalam Siaran Sehat secara daring, Senin (14/3/2022).

Dokter Reisa menerangkan, varian Deltacron merupakan hasil replikasi dari seseorang yang terinfeksi dua virus secara bersamaan yaitu Delta dan Omicron. Terkait gejalanya, dia mengatakan, tidak ada yang berbeda. Artinya sama saja dengan gejala SARs-COV-2 (Corona).

"Jadi gejalanya sama-sama seperti SARs-COV-2. Gejalanya sama-sama untuk menyerang tubuh kita," tandasnya.



Lebih lanjut dr. Reisa mengatakan, Deltacron adalah gabungan dua varian yakni Delta dan Omicron, di mana seseorang yang terkena kombinasi varian tersebut akan mengalami gangguan pada saluran pernapasan bawah maupun saluran pernapasan bagian atas.

Sejauh ini, dr. Reisa menambahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih terus memantau bagaimana perkembangan varian Deltacron. Menurutnya, berdasarkan pengamatan di beberapa negara yang memiliki pasien Deltacron, tidak ditemukan kondisi yang buruk.

“Kalau Delta biasanya banyak menyerang saluran pernapasan bawah, kalau Omicron saluran pernapasan atas. Jadi hati-hati kalau terinfeksi,” jelas dr. Reisa.

Oleh sebab itu, ia meminta semua pihak menunggu hasil penelitian WHO terkait Deltacron dengan tenang, sembari menguatkan protokol kesehatan. Menurut dr. Reisa, gejala yang ditimbulkan Deltacron tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya seperti pilek, flu, batuk, dan lain-lain.

"Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, ada demam, menyerupai flu, sebaiknya dilakukan antigen (tes swab) sesegera mungkin," ujar dr. Reisa pada kesempatan terpisah beberapa waktu lalu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)