Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya

Minggu, 20 Maret 2022 - 14:41 WIB
loading...
Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya
Pasar terapung atau floating market adalah tempat yang memiliki daya tarik pariwisata karena menawarkan aktivitas jual beli tradisional yang dilakukan di atas perairan dengan menggunakan perahu tradisional. Foto/IG @mirahotelgroup
A A A
JAKARTA - Pasar terapung atau floating market adalah tempat yang memiliki daya tarik pariwisata karena menawarkan aktivitas jual beli tradisional yang dilakukan di atas perairan dengan menggunakan perahu tradisional.

Indonesia sendiri punya sejumlah pasar apung yang cukup ikonik dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata bagi Anda para traveler. Meskipun di tengah perubahan zaman, eksistensi pasar apung ini tetap berlangsung. Penasaran? Berikut tujuh pasar terapung paling ikonik di Indonesia.



1. Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya


Pasar Apung Muara Kuin sangat ikonik dan melegenda lantaran pernah menjadi lokasi syuting untuk iklan televisi swasta yang kemudian terkenal hingga sekarang.

Pasar yang sudah ada sejak 400 tahun lalu ini merupakan pelopor sekaligus pasar terapung paling tua di Indonesia. Terletak di atas Sungai Barito di Muara Sungai Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan, pasar ini menawarkan berbagai keperluan sehari-hari masyarakat setempat mulai dari aneka sayuran dan buah, sembako, lauk-pauk, hingga perlengkapan rumah tangga.

2. Lok Baintan, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya


Masih di Kalimantan Selatan, ada pasar terapung lain yang juga menarik untuk dikunjungi dan sudah melegenda yakni Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura. Lokasinya di Desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan.

Perahu-perahu klotok yang hilir mudik melakukan aktivitas perdagangan di atas air menjadi pemandangan yang sangat khas tempat ini dan berlangsung setiap hari mulai dari pagi hari.

Akses menuju Lok Baintan dari pusat kota dapat ditempuh lewat dua pilihan. Bisa dengan menyusuri sungai Martapura menggunakan perahu klotok selama 30 menit. Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan darat, namun waktu tempuhnya lebih panjang sebab medan perjalanan yang berliku.



3. Pasar Siring Piere Tendean, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya


Tak kalah dengan 2 pasar terapung sebelumnya, Pasar Siring Piere Tendean yang terletak di wilayah Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini juga layak masuk travel bucket list Anda nih.

Salah satu daya tariknya adalah dermaga yang membuat pedagang dapat merapatkan perahu mereka ke tepian sungai. Hal ini memudahkan pembeli karena tidak harus menaiki perahu. Selain itu, pemerintah setempat juga menghadirkan kesenian sebagai salah satu aktivitas wisata yang ditawarkan.

4. Pasar Terapung Langkat, Sumatera Utara

Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya


Beralih dari Pulau Kalimantan, ada Pasar Terapung Langkat yang terletak di Desa Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pasar ini memiliki konsep serupa dengan pasar terapung yang ada di Kalimantan yang sengaja dibuat oleh pemerintah setempat.

Tak sekadar tempat jual beli, pasar ini juga menjadi salah satu usaha dalam menjaga kestabilan harga ikan kerapu yang menjadi komoditas andalan dari Kabupaten Langkat. Selain itu, tentu menjadi destinasi wisata menarik saat berada di Langkat.

5. Pasar Apung Nusantara, Jawa Timur

Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya


Pasar Apung bukan hanya milik Kalimantan dan Sumatera, namun di sejumlah Pulau Jawa juga ada lho. Salah satunya adalah Pasar Apung Nusantara yang berlokasi di Kota Batu, Malang.

Tak jauh berbeda dengan pasar terapung di Indonesia lainnya, pasar ini juga dipenuhi oleh pedagang yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari di atas perahu, mulai aneka sayuran, buah-buahan, makanan pokok, keperluan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, pengunjung bahkan juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi pasar sembari berburu beragam kuliner yang ada dari penjuru nusantara. Ada juga spot cantik untuk hunting foto!

6. Floating Market Lembang, Jawa Barat

Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya


Sebagai salah satu spot wisata di Bandung, Jawa Barat, Lembang juga punya pasar terapung yang diberi nama Floating Market Lembang, yang merupakan pasar apung modern.

Floating Market Lembang ini sukses menarik perhatian wisatawan. Pasalnya, pasar terapung ini merupakan objek wisata yang mengusung tema cukup unik karena memadukan berbagai macam tema wisata yaitu edukasi, bermain, serta kuliner dengan nuansa tradisional sekaligus modern.

7. Pasar Ah Poong, Jawa Barat

Pasar Terapung Paling Ikonik di Indonesia, Ini Daftarnya


Setali tiga uang dengan Floating Market Lembang, Bogor juga punya pasar apung modern yang diberi nama Pasar Ah Poong yang terletak di Sentul City.

Sedikit berbeda dengan pasar terapung tradisional, Pasar Ah Poong ini menjajakan restoran terapung yang menyajikan berbagai hidangan mancanegara. Selain itu tidak ada penjual bahan pokok di atas kapal yang diganti dengan wisata mengelilingi area Ah Poong menggunakan kapal.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)