Ciri-ciri Tulang Kaki Retak, Kenali Tanda dan Penanganannya Sebelum Terlambat

Selasa, 22 Maret 2022 - 14:53 WIB
loading...
Ciri-ciri Tulang Kaki Retak, Kenali Tanda dan Penanganannya Sebelum Terlambat
Ciri-ciri tulang kaki retak penting diketahui, agar tak terlambat mendapat penanganan. Maka dari itu perlu mengenal lebih lanjut tentang retaknya tulang kaki Foto/Ilustrasi/Sehatq
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri tulang kaki retak sangat penting diketahui, agar tak terlambat mendapat penanganan. Maka dari itu perlu mengenal lebih lanjut tentang retaknya tulang kaki.

Tulang retak atau patah (bone fracture) adalah kondisi kesehatan yang cukup sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Mengutip Medicalnewstoday yang sudah ditinjau secara medis oleh Lauren Castiello, MS, AGNP-C, praktisi perawat perawatan primer dewasa-gerontologi bersertifikat, patah tulang adalah ketika terputusnya kontinuitas pada tulang.

Penyebab yang paling familiar dari retak atau patah tulang biasanya terjadi karena benturan kekuatan tinggi atau stres. Namun, patah tulang juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang melemahkan tulang seperti osteoporosis dan beberapa jenis kanker.



Selain tangan, patah atau retak tulang bagian kaki memang sangat umum terjadi. Patah tulang kaki disebabkan oleh trauma pada tulang kaki akibat kecelakaan atau tekanan berulang pada tulang kaki.

Seperti dikutip dari Webmd yang sudah ditinjau secara medis oleh Hansa D. Bhargava, MD, Selasa (22/3/2022) gejala utama patah atau retaknya tulang kaki adalah timbulnya rasa nyeri, ada bengkak, kelainan bentuk jari kaki, hingga terjadi kelainan bentuk seperti angulasi yakni kaki menekuk saat diam diistirahatkan bukan di persendian.

Lalu bisa juga terjadi pemendekan, kaki yang patah tampak lebih pendek daripada kaki yang tidak terpengaruh. Selain itu ciri-ciri lainnya yakni timbulnya memar, kemerahan, sampai tidak bisa berjalan, rasa sakit yang memburuk saat tubuh bergerak tapi tidak terasa sakit saat tubuh sedang diam.

Gejala patah kaki yang paling umum adalah rasa sakit. Gejala lain termasuk memar atau kemerahan, kelainan bentuk jari kaki, dan ketidakmampuan untuk berjalan dengan kaki yang sakit.

Agar penanganannya sesuai, saat mengalami ciri-ciri di atas, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter dan melakukan pemeriksaan X-ray untuk diagnosis yang tepat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2344 seconds (0.1#10.140)