Wajib Tahu, Ini 6 Tipe Depresi yang Paling Umum Terjadi

Selasa, 29 Maret 2022 - 09:54 WIB
loading...
A A A
4. Gangguan afektif musiman (SAD)

Jenis depresi ini muncul biasanya di antara musim gugur dan musim dingin. Depresi tersebut muncul karena perubahan suasana hati yang terjadi karena adanya perbedaan ritme harian alami tubuh, kepekaan mata terhadap cahaya, atau bagaimana serotonin dan melatonin berfungsi di dalam tubuh.

"Perawatan utama adalah terapi cahaya yang melibatkan sesi harian duduk dekat dengan cahaya yang sangat intens. Perawatan biasa untuk depresi seperti psikoterapi dan penggunaan obat-obatan juga dinilai efektif," tambah dr Donovan.



5. Depresi perinatal

Jenis depresi ini termasuk episode depresi mayor dan minor yang terjadi selama kehamilan atau dalam 12 bulan pertama setelah melahirkan (yang biasa disebut depresi pascamelahirkan).

Depresi perinatal memengaruhi hingga 1 dari 7 wanita yang melahirkan dan dapat memiliki efek yang menghancurkan bagi si wanita, bayi, dan keluarganya.

Perawatan untuk depresi jenis ini meliputi konseling dan penggunaan obat-obatan.

6. PMDD

Jenis depresi yang keenam ini adalah bentuk parah dari sindrom pramenstruasi atau PMS. Gejala PMDD biasanya dimulai segera setelah ovulasi dan berakhir setelah menstruasi dimulai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)