Ragam Masalah Kulit Bisa Timbul saat Puasa, Ini Cara Mencegahnya

Rabu, 06 April 2022 - 07:00 WIB
loading...
Ragam Masalah Kulit Bisa Timbul saat Puasa, Ini Cara Mencegahnya
Berbagai masalah kulit yang mungkin terjadi saat berpuasa di bulan Ramadhan yakni kulit kering, kusam, tampak lelah, hingga berjerawat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Selama bulan suci Ramadhan, tentu banyak hal yang berubah pada tubuh. Pasalnya, selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman apapun selama belasan jam lamanya.

Hal ini bisa menyebabkan ragam masalah kulit bila kita tidak memperhatikannya dengan baik. Berbagai masalah kulit yang mungkin terjadi saat berpuasa di bulan Ramadhan yakni kulit kering, kusam, tampak lelah, hingga berjerawat. Mengapa bisa begitu?



“Puasa dapat membuat kulit Anda kering, kusam, dan bahkan menonjolkan kerutan karena kurangnya hidrasi. Sebab, ada hubungan kuat antara asupan air yang cukup dan kulit yang sehat,” kata dokter kulit berbasis di Dubai, Dr Eman Kotb, seperti dilansir dari Arab News, Rabu (6/4/2022).

Oleh karena itu, sambung dia, sangat penting untuk menghidrasi tubuh Anda yang selama berjam-jam berpuasa. “Ini penting karena kulit Anda terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik,” ujarnya.

Demi mengatasi hal itu, dia menyarankan untuk tetap minum dua liter air setiap malam. Selain minum air putih yang cukup, dia juga menyarankan penggunaan perawatan kulit yang tepat, terutama yang sifatnya melembabkan atau memberikan hidrasi kepada kulit.

“Cari bahan yang mengandung vitamin C dan E untuk peremajaan kulit,” kata dr Kotb.

Baca Juga: Jaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Ramadhan
Di samping itu, perlu juga memperhatikan asupan makanan selama sahur dan berbuka. Asupan makanan yang sehat dapat mencegah masalah kulit seperti jerawat.

“Karbohidrat olahan memiliki nilai gizi yang buruk dan meningkatkan bakteri jahat di usus, yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi, sangat penting untuk menghindari atau mengurangi gula olahan, yang berperan dalam penuaan dini,” ujarnya.

Asupan gizi yang baik, perawatan kulit yang tepat, serta berpuasa itu sendiri dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

“Puasa juga menyebabkan tingkat purin dan pirimidin yang lebih tinggi dalam tubuh, sehingga pada gilirannya meningkatkan tingkat antioksidan yang bertanggung jawab untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan,” kata dia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2218 seconds (0.1#10.140)