4 Kawasan Karst di Sulawesi, Ada yang Terbesar Kedua di Dunia

Kamis, 07 April 2022 - 14:08 WIB
loading...
4 Kawasan Karst di Sulawesi, Ada yang Terbesar Kedua di Dunia
Kawasan Karst Rammang-rammang. Foto/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Indonesia memiliki kawasan karst yang sangat luas dan tersebar di berbagai titik di setiap pulau dan provinsi. Khusus di Kawasan Timur Indonesia , ada 10 kawasan karst, mulai dari Taman Nasional Manupeu Tanah Daru di Sumba, hingga Pegunungan Lengguru di Kaimana, Papua Barat.

Nah, khusus di Pulau Sulawesi, ada empat kawasan karst yang tersebar di tiga provinsi. Bahkan salah satunya merupakan karst terbesar kedua di dunia. Berikut ini uraiannya.



1. Pulau Muna

Dilansir dari laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pulau Muna yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara hampir seluruhnya tersusun oleh batu gamping berumur Pleistosen (sekitar 1,8 juta tahun yang lalu).

Batu gamping ini diperkirakan dari Formasi Wapulaka, seperti terlihat pada tebing-tebing batu gamping di sepanjang pantai. Batu gamping ini merupakan terumbu karang yang terangkat dan sekarang membentuk kawasan karst yang luas.

Kawasan karst Muna merupakan salah satu bentang karst di daerah Sulawesi. Karst Muna juga memiliki ciri tersendiri pada proses pembentukannya. Selain itu juga ditandai oleh adanya stalaktit dan stalakmit yang telah menyatu di gua Liang Metandono.

2. Wawolesea

Siapa sangka, kolam pemandian air panas paling terkenal di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara ini merupakan salah satu kawasan karst di Pulau Sulawesi.

Dilansir dari sebuah jurnal, Wawoleasea merupakan tipe karst yang memiliki ciri utama adanya kontrol hidrologi air panas sehingga terjadi proses pengendapan ulang larutan kalsit yang membentuk undak travertin yang beraneka ragam serta jarang dijumpai di tempat lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)