Deretan Film tentang Penghafal Al-Quran, Bisa Jadi Inspirasi

Jum'at, 08 April 2022 - 11:15 WIB
loading...
A A A
2. Koran by Heart

Film tentang penghafal Al-Quran berikutnya adalah Koran by Heart. Film dokumenter garapan sutradara Greg Barker ini menceritakan kisah tiga muslim cilik, Nabiollah dari Tajikistan, Ridha dari Maldives, dan Djamil dari Senegal saat mengikuti kompetisi musabaqah tilawatil Al-Quran tingkat internasional di Kairo, Mesir.

Kompetisi itu menarik ribuan peserta dari seluruh Dunia. Penilaiannya didasarkan pada ketepatan bacaan, semangat membaca, dan indahnya melodi yang dilantunkan.

Nabiollah dibesarkan dalam lingkungan yang peduli akan pendidikan agama, terutama dalam menghafal Al-Quran. Meskipun dia tidak berbicara bahasa Arab, dia mampu menghafal Al-Quran dalam waktu kurang dari setahun. Dia bisa membaca Al-Quran dengan mata tertutup dan melihat halaman-halaman Al-Quran dalam imajinasinya.

Bahkan, Nabiollah mampu merasakan ritme musik dan membawanya ke depan dalam bacaannya. Namun, dia mengalami kesulitan karena sekolahnya ditutup oleh pemerintah Pasalnya, sekolah itu dikhawatirkan akan mengembangkan ajaran fundamentalis.

Sementara Rifdha hidup dalam keluarga yang cenderung fundamentalis dan patriarki. Dengan kata lain, ayah sebagai kepala keluarga memiliki andil besar dalam mengarahkan masa depan Rifdha sebagai anak perempuan.

Sedangkan Djamil mewakili figur anak laki-laki muslim dari kota Senegal, Afrika Barat, dituntut untuk menghafal Al-Quran dan menerapkannya dalam kehidupan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi saat Puasa?

Ketiga kisah ini benar-benar memberi gambaran kehidupan keluarga Muslim di berbagai negara di dunia. Akankah ketiga bocah itu berhasil menghadapi tantangannya? Motivasi dan ketekunan Nabiollah, Rifdha dan Djamil bisa memberikan wawasan tentang keindahan dan makna yang ditemukan seorang Muslim dalam Al-Quran.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)