Manfaat Minyak Goreng Jelantah Selain untuk Masak, Jangan Langsung Dibuang

Sabtu, 09 April 2022 - 03:35 WIB
loading...
Manfaat Minyak Goreng Jelantah Selain untuk Masak, Jangan Langsung Dibuang
Minyak goreng jelantah memiliki banyak manfaat selain untuk masak. Alih-alih langsung dibuang, minyak ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Minyak goreng jelantah memiliki banyak manfaat selain untuk masak . Alih-alih langsung dibuang, minyak ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ini.

Mulai dari sebagai pembersih lantai, pupuk untuk tanaman hingga bahan bakar alternatif dan oli kendaraan bermotor. Pemanfaatan yang tepat akan mengurangi limbah yang dihasilkan dari minyak goreng jelantah.

Berikut manfaat minyak goreng jelantah seperti cirangkum dari Zerowaste, Sabtu (9/4/2022).


1. Pupuk Tambahan Untuk Tanaman

Minyak goreng jelantah telah mengalami beberapa reaksi akibat penggorengan berulang dan menghasilkan asam lemak jenuh yang sangat tinggi. Asam lemak tersebut dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Namun, minyak goreng jelantah hanya bisa dipakai sebagai pupuk tambahan. Artinya, Anda harus menambahkan pupuk dasar berupa pupuk kandang atau kompos dengan tambahan pupuk anorganik, seperti urea, SP, dan KCL.

2. Bahan Bakar Lampu Minyak

Anda bisa memanfaatkan minyak goreng jelantah sebagai bahan bakar lampu minyak. Cara memanfaatkannya pun mudah.


3. Cairan Pembersih Lantai

Ternyata minyak goreng jelantah juga bisa dijadikan sebagai cairan pembersih lantai. Hal ini pernah dilakukan oleh sekelompok mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)