Jadi Cara untuk Mengatasi Stres, Begini 3 Cara Melakukan Self Healing

Minggu, 10 April 2022 - 19:27 WIB
loading...
Jadi Cara untuk Mengatasi Stres, Begini 3 Cara Melakukan Self Healing
Podcast Aksi Nyata membahas soal tren self healing di kalangan anak muda zaman sekarang. Foto/YouTube Parta Perindo
A A A
JAKARTA - Setiap orang, baik tua atau muda, bahkan anak kecil pun memiliki masalahnya masing-masing. Tak jarang, hal tersebut menyebabkan masalah mental seperti stres dan depresi yang pada akhirnya bisa berdampak buruk pada diri sendiri.

Self healing, menjadi cara untuk menyembuhkan diri atau mengatasi stres hingga gangguan mental yang ada. Kini, istilah self healing pun populer di kalangan masyarakat, terutama anak-anak muda.

Terkait dengan hal ini, Sekjen Kartini Perindo, Eva Mutia, turut menyoroti fenomena self healing di kalangan anak muda dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Minggu (10/4/2022).

Dia mengatakan, stres adalah hal yang manusiawi dialami oleh banyak orang, tak terkecuali anak-anak muda. Dirinya pun pernah merasakan hal yang sama di dalam satu fase kehidupannya.



Namun menurutnya, ada tiga cara self healing yang bisa dilakukan bagi orang-orang yang sedang dilanda stres atau suatu masalah. “Kalau yang pertama itu, kita harus introspeksi diri. Meditasi, itu penting. Berdiam diri, terus kita introspeksi diri,” kata Eva Mutia seperti dikutip dari YouTube Partai Perindo, Minggu (10 Apro 2022).

Setelah merenungi dan introspeksi diri, sambung dia, hal kedua yang perlu dilakukan adalah menerima atau proses penerimaan diri. “Setelah introspeksi diri, kita harus menerima keadaan kita,” sambung dia.

Lalu cara yang terakhir yang dapat dilakukan adalah bersyukur. Menurutnya, cara itu adalah obat mujarab untuk mengatasi stres. “(Bersyukur) itu paling penting. Itu obat mujarab sebagai healing (penyembuhan) kalau menurut saya. Jadi setelah introspeksi, kemudian menerima diri sendiri, lalu bersyukur,” ujarnya.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)