Gilbert Gottfried, Komedian dan Pengisi Suara Film Aladin Meninggal

Rabu, 13 April 2022 - 21:01 WIB
loading...
Gilbert Gottfried, Komedian dan Pengisi Suara Film Aladin Meninggal
Gilbert Goffried, komedian dan pengisi suara film Aladin meninggal dunia pada Selasa, 12 April 2022. Goffried menghembuskan napas terakhirnya di usia 67 tahun. Foto/Enterprise
A A A
JAKARTA - Gilbert Goffried , komedian dan pengisi suara film Aladin yang terkenal meninggal dunia pada Selasa, 12 April 2022 pukul 14.35 waktu setempat. Goffried menghembuskan napas terakhirnya di usia 67 tahun.

Goffried meninggal setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya sejak lama. Kabar duka ini dibagikan oleh keluarga Goffried. Kepada Washington Post, keluarga menyebut Goffried meninggal karena distrofi miotonik tipe 2, suatu bentuk distrofi otot.

“Kami dengan sedih mengumumkan meninggalnya Gilbert Gottfried yang kami cintai setelah lama sakit. Selain menjadi pengisi suara paling ikonik dalam komedi, Gilbert adalah suami, saudara, teman, dan ayah yang luar biasa bagi kedua anaknya yang masih kecil," tulis kabar duka itu di Twitter.

"Meskipun hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi kita semua, tetaplah tertawa sekeras mungkin untuk menghormati Gilbert,” sambungnya dilansir dari Variety, Rabu (13/4/2022).


Banyak orang di Hollywood, termasuk komedian Jason Alexander, Dane Cook, dan lainnya memberi penghormatan kepada Gottfried setelah berita mengejutkan tentang kematiannya.

"Gilbert Gottfried tidak pernah tidak lucu," tulis Cook.
“Dia pria yang menyenangkan, selalu ramah dan membuat banyak orang bahagia," tambahnya.

Gottfried dikenal karena humornya yang kasar, ketidaktepatan politik, dan suaranya yang melengking, yang membantu menghidupkan sejumlah karakter animasi. Di antaranya Lego, burung beo dalam film Aladdin, burung robot dalam Cyberchase PBS Kids dan Aflac bebek di iklan untuk perusahaan asuransi.

Lahir di Brooklyn, New York pada 28 Februari 1955, Gottfried mulai menampilkan komedi stand-up pada usia 15 tahun. Gottfried memiliki tugas pendek 12 episode di Saturday Night Live selama musim enam pada 1980, dan dia bersatu kembali dengan Eddie Murphy di Beverly Hills Cop II, salah satu peran film besar pertamanya.


Howard Stern sering mengundang Gottfried di acara radionya di era 80-an, di mana dia meniru orang-orang seperti Andrew “Dice” Clay, Groucho Marx dan Bela Lugosi sebagai Dracula.

Pada era 90-an, Gottfried mendapatkan peran dalam film seperti film Problem Child, Highway to Hell dan Looks Who's Talking Too, sebelum mendapatkan peran suaranya yang paling dikenal sebagai Lago si burung beo di Aladdin pada 1992. Gottfried mengulangi peran dalam dua sekuel langsung ke video, serial TV dan video game Kingdom Hearts.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)