Ingin Bisnis Custom Miniatur Kendaraan? Perhatikan 2 Hal Ini

Sabtu, 16 April 2022 - 19:22 WIB
loading...
Ingin Bisnis Custom Miniatur Kendaraan? Perhatikan 2 Hal Ini
Bisnis custom miniatur kendaraan mungkin belum terlalu familiar di kalangan orang awam. Meski terlihat seperti mainan biasa, bisnis ini menjanjikan. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Bisnis custom miniatur kendaraan mungkin belum terlalu familiar di kalangan orang awam, selain para kolektornya. Meski terlihat seperti mainan biasa, bisnis ini menjanjikan pundi-pundi rupiah.

Dalam Podcast Aksi Nyata, Eko Setiawan selaku diecast kolektor sekaligus pembuat custom miniatur kendaraan mengatakan bahwa bisnis dengan pasar domestik dan internasional ini memang menguntungkan.

“Untuk market di Indonesia, repaint saja minimal Rp200 ribu, dan saya custom bisa jual sampai Rp1,5 juta per piece. Sedangkan untuk pasar luar negeri, minimal paling murahnya saja sudah USD100 dan paling mahal USD206,” kata Eko dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo , Sabtu (16/4/2022).

Jika ditekuni bisnis pembuatan custom miniatur kendaraan ini memang menjanjikan penghasilannya. Mengingat pemainnya di Indonesia sendiri sudah cukup banyak, Eko menyarankan bagi para anak muda yang ingin terjun ke bidang bisnis ini harus memperhatikan dua hal utama yakni kualitas dan komunikasi.


“Tipsnya kalau dari saya hanya dua, pertama soal kualitas. miniatur mobil yang ia buat. Bahkan hal sesimpel seperti pewarnaan cat mobil. Kualitas dari mobilnya itu, contoh catnya itu harus rapi. Nggak boleh asal, kualitas harus sangat diperhatikan karena menentukan trust juga,” saran Eko.

Tips kedua adalah pentingnya berkomunikasi dengan klien atau pelanggan.

“Komunikasi itu misalkan kita ada kendala dalam pengerjaannya, komunikasikan ke customer. Kita kan sudah janji, ya kalau ada kendala omongin. Pasti mereka mengerti kok, kualitas dan komunikasi ini sudah paling juara dan harus sih,” tandasanya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)