Apakah Durian Menyebabkan Darah Tinggi? Ini Penjelasan Ahli Kesehatan
Minggu, 17 April 2022 - 18:15 WIB
loading...
Apakah durian menyebabkan darah tinggi? pertanyaan itu banyak dilontarkan bagi mereka yang kerap mengonsumsi buah durian. Foto/ist
A
A
A
JAKARTA - Apakah durian menyebabkan darah tinggi? pertanyaan itu banyak dilontarkan bagi mereka yang kerap mengonsumsi buah durian.
Ya, mengonsumsi buah tentu baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu. Salah satu contoh, buah durian, banyak orang menyukai yang diduga dapat menyebabkan darah tinggi. Apakah benar?
Berdasarkan jurnal internasional properti makanan, peningkatan signifikan dalam denyut jantung diamati pada kelompok yang diberi 500 g durian pada 0,5-2 jam. Asupan durian dalam jumlah sedang tidak mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung pada individu yang sehat.
Dalam penelitian tersebut, studi ini menunjukkan bahwa konsumsi durian tunggal pada 250 dan 500 g tidak mengubah tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, peningkatan yang signifikan dalam HR diamati pada konsumsi 500 g durian.
Baca Juga: Jangan Ngaku Pecinta Durian kalau Belum Coba 5 Jenis Durian Ini
"Perubahan status fisiologis individu dengan bertambahnya usia dapat mengganggu tingkat toleransi asupan durian. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk orang tua yang sehat dan subjek pra-hipertensi untuk mengabaikan klaim anekdot," tulis keterangan studi itu, dilansir Tandfolinen, Minggu (17/4/2022).
Namun ahli gizi, Dr. Teresita Ungson membantah bahwa makan banyak durian menyebabkan tekanan darah tinggi. Namun, dia memperingatkan bahwa buah itu tinggi gula, lemak, dan kalori.
Ya, mengonsumsi buah tentu baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu. Salah satu contoh, buah durian, banyak orang menyukai yang diduga dapat menyebabkan darah tinggi. Apakah benar?
Berdasarkan jurnal internasional properti makanan, peningkatan signifikan dalam denyut jantung diamati pada kelompok yang diberi 500 g durian pada 0,5-2 jam. Asupan durian dalam jumlah sedang tidak mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung pada individu yang sehat.
Dalam penelitian tersebut, studi ini menunjukkan bahwa konsumsi durian tunggal pada 250 dan 500 g tidak mengubah tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, peningkatan yang signifikan dalam HR diamati pada konsumsi 500 g durian.
Baca Juga: Jangan Ngaku Pecinta Durian kalau Belum Coba 5 Jenis Durian Ini
"Perubahan status fisiologis individu dengan bertambahnya usia dapat mengganggu tingkat toleransi asupan durian. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk orang tua yang sehat dan subjek pra-hipertensi untuk mengabaikan klaim anekdot," tulis keterangan studi itu, dilansir Tandfolinen, Minggu (17/4/2022).
Namun ahli gizi, Dr. Teresita Ungson membantah bahwa makan banyak durian menyebabkan tekanan darah tinggi. Namun, dia memperingatkan bahwa buah itu tinggi gula, lemak, dan kalori.
Lihat Juga :