Apakah Durian Menyebabkan Darah Tinggi? Ini Penjelasan Ahli Kesehatan

Minggu, 17 April 2022 - 18:15 WIB
loading...
Apakah Durian Menyebabkan Darah Tinggi? Ini Penjelasan Ahli Kesehatan
Apakah durian menyebabkan darah tinggi? pertanyaan itu banyak dilontarkan bagi mereka yang kerap mengonsumsi buah durian. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Apakah durian menyebabkan darah tinggi? pertanyaan itu banyak dilontarkan bagi mereka yang kerap mengonsumsi buah durian.

Ya, mengonsumsi buah tentu baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu. Salah satu contoh, buah durian, banyak orang menyukai yang diduga dapat menyebabkan darah tinggi. Apakah benar?

Berdasarkan jurnal internasional properti makanan, peningkatan signifikan dalam denyut jantung diamati pada kelompok yang diberi 500 g durian pada 0,5-2 jam. Asupan durian dalam jumlah sedang tidak mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung pada individu yang sehat.

Dalam penelitian tersebut, studi ini menunjukkan bahwa konsumsi durian tunggal pada 250 dan 500 g tidak mengubah tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, peningkatan yang signifikan dalam HR diamati pada konsumsi 500 g durian.



"Perubahan status fisiologis individu dengan bertambahnya usia dapat mengganggu tingkat toleransi asupan durian. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk orang tua yang sehat dan subjek pra-hipertensi untuk mengabaikan klaim anekdot," tulis keterangan studi itu, dilansir Tandfolinen, Minggu (17/4/2022).

Namun ahli gizi, Dr. Teresita Ungson membantah bahwa makan banyak durian menyebabkan tekanan darah tinggi. Namun, dia memperingatkan bahwa buah itu tinggi gula, lemak, dan kalori.

Ungson mengatakan durian kaya akan vitamin. Ia mengatakan 100 gram daging durian, seperti makan sepotong pisang karena mengandung 430 mikrogram potasium.

"Semoga Karbohidrat, Protein dan Lemak. Kumbaga sa isang prutas, nandiyan na lahat. Sangat kaya vitamin C, dan kita semua tahu itu penting untuk daya tahan tubuh kita," ujarnya Ungson dilansir ABC News, Minggu (17/4/2022).

Sementara Dr. Hu Chang Hock, seorang penasihat dari Asosiasi Medis Malaysia, menyarankan penderita hipertensi atau diabetes, juga keduanya tidak boleh makan terlalu banyak buah durian.

“Durian dapat menyebabkan tekanan darah dan kadar gula, penderita darah tinggi dan diabetes melonjak,” katanya dilansir EdgeDavao, Minggu (17/4/2022).
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3859 seconds (0.1#10.140)