3 Minyak Goreng Rendah Kolesterol, Nomor Terakhir Mampu Turunkan Risiko Berbagai Penyakit

Selasa, 26 April 2022 - 05:30 WIB
loading...
3 Minyak Goreng Rendah Kolesterol, Nomor Terakhir Mampu Turunkan Risiko Berbagai Penyakit
Anda disarankan untuk mengganti minyak goreng lemak jenuh tinggi dengan menggunakan minyak goreng rendah kolestrol yang sehat untuk mengurangi risiko penyakit. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Anda disarankan untuk mengganti minyak goreng lemak jenuh tinggi dengan menggunakan minyak goreng rendah kolestrol yang sehat untuk mengurangi risiko penyakit.

Tak sedikit orang mulai beralih dari minyak goreng ke minyak goreng rendah kolestrol demi kesehatan. Pasalnya penggunaan minyak goreng atau minyak sayur secara berlebihan memang bukan pilihan tepat. Kandungan lemak jenuh minyak goreng bisa berisiko meningkatkan kadar kolesterol dan mengganggu kesehatan jantung.

Dilansir dari Hello sehat, berikut rekomendasi minyak goreng rendah kolestrol.

1. Minyak Canola (canola oil)

Canola oil juga merupakan minyak goreng rendah kolestrol yang baik untuk penderita kolesterol. Pasalnya, minyak ini memiliki kadar asam lemak jenuh yang tergolong rendah dan justru tinggi kadar lemak tak jenuhnya.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Kadar kolesterol akan lebih rendah daripada orang yang memasak dengan minyak biasa,
Jika anda menggunakan minyak canola untuk memasak.

Bahkan, minyak canola mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 17% jika dibandingkan dengan minyak biasanya.

2. Minyak Jagung (corn oil)

Minyak jagung merupakan salah satu jenis minyak goreng rendah kolestrol yang baik untuk kesehatan jantung. Ini artinya, minyak ini juga bagus untuk penderita kolesterol.

Minyak jagung diperkaya kandungan antioksidan seperti vitamin E yang mampu mengurangi risiko Anda terhadap berbagai penyakit jantung. Selain itu, minyak ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol Anda.

Kandungan pistosterol dalam minyak jagung ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan, menggunakan minyak jagung untuk menggoreng juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh.

3. Minyak Zaitun (olive oil)

Salah satu pilihan minyak goreng rendah kolestrol yang baik untuk penderita kolesterol adalah minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun dikenal sebagai minyak goreng yang baik untuk membantu Anda memelihara kesehatan jantung.

Bahkan memasak menggunakan minyak goreng ini dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Selain kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, minyak ini juga dapat membantu tubuh mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL).

Jika Anda menggunakan extra virgin oil, kemampuan minyak ini dalam menurunkan kolesterol akan semakin besar, mengingat jenis minyak zaitun ini diproduksi melalui proses yang lebih minimalis dan memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2247 seconds (11.210#12.26)