Jaga Kolesterol saat Lebaran, Terapkan 4 Langkah Ini

Selasa, 26 April 2022 - 23:06 WIB
loading...
Jaga Kolesterol saat Lebaran, Terapkan 4 Langkah Ini
Menjaga kolesterol saat Lebaran penting untuk dilakukan. Pasalnya, Lebaran identik dengan makanan santan dan lemak yang bisa menjadi penyebab kolesterol. Foto/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Menjaga kolesterol saat Lebaran penting untuk dilakukan. Pasalnya, Lebaran identik dengan makanan santan dan lemak yang bisa menjadi penyebab kadar kolesterol dalam darah melonjak.

Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan makan yang berlebihan saat Lebaran. Beberapa di antaranya bahkan menjadikan momen ini sebagai ajang balas dendam setelah sebulan menjalankan puasa.

Padahal, kolesterol bisa menjadi salah satu faktor risiko dari penyakit mematikan seperti stroke hingga serangan jantung. Karena itu, penting untuk menjaga kolesterol Anda tetap normal saat Lebaran.

Berikut tips menjaga kolesterol saat Lebaran seperti dilansir dari CDC, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Picu Kolesterol Tinggi, Hindari 4 Makanan Ini saat Lebaran

1. Minum Obat Sesuai Petunjuk

Jika Anda minum obat untuk mengobati kolesterol, penyakit jantung, stroke, atau diabetes, ikuti petunjuk dokter dengan cermat. Selalu bertanya jika Anda tidak mengerti sesuatu.

Jangan pernah berhenti minum obat tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter, perawat, atau apoteker Anda.

2. Periksa Kolesterol Secara Rutin

Anda perlu memeriksakan kadar kolesterol setidaknya sekali setiap 4 hingga 6 tahun jika tidak memiliki penyakit jantung. Namun, beberapa orang perlu memeriksakan kolesterolnya lebih sering atau lebih jarang.

Baca Juga: Makanan Khas Lebaran Ini Bikin Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

3. Olahraga
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1525 seconds (10.101#12.26)