Picu Kolesterol Tinggi, Hindari 4 Makanan Ini saat Lebaran

Selasa, 26 April 2022 - 19:02 WIB
loading...
Picu Kolesterol Tinggi, Hindari 4 Makanan Ini saat Lebaran
Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang kerap terjadi saat Lebaran. Ini karena berbagai macam makanan yang tersedia dikonsumsi secara berlebihan. Foto/EndeusTV
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang kerap terjadi saat Lebaran . Ini karena berbagai macam makanan yang tersedia dikonsumsi secara berlebihan.

Meski terasa enak, makanan tersebut mengandung minyak hingga santan yang bisa membahayakan kesehatan. Lebaran juga kerap dijadikan ajang balas dendam setelah sebulan menjalankan puasa Ramadhan.

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan.

Seperti halnya serangan jantung hingga stroke. Berikut makanan Lebaran yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi seperti dirangkum dari berbagai sumber. Selasa (26/4/2022).


1. Camilan

Camilan seperti kerupuk hingga kue kering selalu tersedia saat Lebaran. Biasa dikonsumsi sebagai pelengkap makanan, kerupuk diproses dengan cara digoreng. Di mana kandungan lemak trans, dapat mengubah makanan sehat menjadi menyebabkan kolesterol.

Lemak ini dihasilkan dari penambahan hidrogen ke minyak nabati, yang kemudian digunakan dalam camilan.

2. Seafood

Setiap 100 gram atau 1 piring kecil cumi-cumi, mengandung sekitar 233 miligram kolesterol. Kandungan kolesterol pada cumi dapat meningkatkan rata-rata hampir 400 miligram per 3 ons porsi yang dimasak.



3. Rendang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3517 seconds (0.1#10.140)