Kasus Tri Suaka dan Zidan Bisa Jadi Muhasabah Diri agar Terhindar dari Sifat Sombong

Rabu, 27 April 2022 - 05:52 WIB
loading...
Kasus Tri Suaka dan Zidan Bisa Jadi Muhasabah Diri agar Terhindar dari Sifat Sombong
Ustaz Ainul Yaqin pun mengingatkan, sifat sombong yang terkadang muncul dalam diri manusia malah akan membawa celaka sendiri. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Tri Suaka dan Zinidin Zidan ramai menjadi perbincangan di jagat media sosial, setelah dinilai menghina Andika Kangen Band melalui video parodi mereka.

Menyaksikan fenomena tersebut, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustaz Ainul Yaqin memaparkan, sebaiknya masyarakat berhati-hati dalam bermedia sosial. Terlebih kasus yang dialami Tri Suaka dan Zidan ini pada mulanya hanya bercanda, tapi justru menjadi petaka.

Ustaz Ainul Yaqin pun mengingatkan, sifat sombong yang terkadang muncul dalam diri manusia malah akan membawa celaka sendiri. Maka baiknya bermuhasabah diri, agar terhindar dari sifat tersebut.

Baca juga: Musisi Jogja Malu terhadap Tingkah Laku Tri Suaka dan Zidan di Media Sosial

"Sifat sombong terkadang tanpa kita sadari hadir dalam perilaku kita, yang kita tidak sadar menjangkiti kita, indikasinya adalah meremehkan orang lain, menolak kebenaran," kata Ustaz Ainul Yaqin dalam keterangannya kepada MNC Portal, Selasa, 26 April 2022.

Sombong sendiri merupakan penyakit hati yang harus dihindari. Pasalnya, Allah SWT tidak menyukai hal tersebut, karena tidak ada satupun manusia yang bisa bersifat sombong dalam keadaan yang tengah dijalankannya.

"Dan jika Allah tidak menyukainya maka tidak akan lama, sesuatu yang dibanggakan atau yang bikin dia sombong akan dilenyapkan Allah dengan berbagai jalan yang dia tidak akan sangka-sangka," terang Ustaz Ainul Yaqin.

Allah SWT berfirman:
وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرٍۚ

Artinya: "Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS. Luqman: 18).

Oleh karenanya, ada baiknya masalah yang dialami Tri Suaka dan Zidan ini dapat dimaafkan oleh yang merasa tersinggung. Sebab Allah sendiri merupakan Maha Pemaaf dari segala dosa-dosa hambaNya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)