Yuk, Kenali Lebih Dekat 6 Jenis Enzim Pencernaan dan Fungsinya

Rabu, 27 April 2022 - 18:47 WIB
loading...
Yuk, Kenali Lebih Dekat 6 Jenis Enzim Pencernaan dan Fungsinya
Agar nutrisi makanan mudah diserap ke dalam aliran darah dan didistribusikan ke seluruh tubuh, dibutuhkan peran enzim pencernaan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis makanan yang masuk ke tubuh memiliki molekul besar dan kompleks. Jenis asupan yang dimaksud misalnya makanan dengan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak.

Agar nutrisi makanan mudah diserap ke dalam aliran darah dan didistribusikan ke seluruh tubuh, dibutuhkan peran enzim pencernaan .

Enzim pencernaan merupakan senyawa kimia berupa protein yang berperan membantu tubuh mencerna makanan. Enzim pencernaan berperan memecah molekul besar dan kompleks di dalam makanan menjadi lebih kecil.

Baca juga: Ini 9 Penyebab Luka di Hidung, Salah Satunya Terlalu Sering Mengupil

Terdapat 6 jenis enzim pencernaan di antaranya amilase, maltase, laktase, lipase, protease, dan sukrase. Untuk mengenali lebih jauh jenis enzim pencernaan dan fungsinya, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Amilase

Amilase merupakan enzim pencernaan yang bertugas memecah karbohidrat atau zat pati menjadi glukosa alias gula sederhana. Enzim ini disekresikan oleh kelenjar ludah dan pankreas.

Ketika mulut mengunyah makanan berkarbohidrat, kelenjar ludah melepaskan enzim amilase. Setelah makanan ditelan, giliran enzim amilase di pankreas membantu usus halus mencerna karbohidrat.

Di usus halus, amilase memecah molekul zat pati karbohidrat menjadi glukosa. Kemudian, gula diserap dinding usus halus hingga masuk ke darah, lalu dialirkan ke seluruh tubuh.

Tubuh menggunakan glukosa sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi dan menjalankan fungsi organ secara keseluruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)