Kolesterol Tak Selamanya Buruk Bagi Tubuh, Ini Manfaatnya Sehatnya

Minggu, 01 Mei 2022 - 17:25 WIB
loading...
Kolesterol Tak Selamanya Buruk Bagi Tubuh, Ini Manfaatnya Sehatnya
Tak selamanya butuk bagi kesehatan, kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh untuk membentuk hormon. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kolesterol selama ini identik dengan membahayakan tubuh. Padahal kolesterol tidak selalu menjadi hal buruk bagi kesehatan. Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.Kolesterol bisa terbentuk karena adanya kandungan minyak, yang dikonsumsi secara berlebihan.

"Bukan berarti kita harus menghindari sama sekali kolesterol, dan lemak sebetulnya sangat dibutuhkan tubuh. Contohnya yang paling penting, adalah pembentukan hormon," ujar dr. RA Adaninggar PN, SpPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam siaran sehat bersama Kementerian Kesehatan, dikutip Minggu (1/5/2022)

Lebih lanjut, ia mengatakan bila memiliki kolesterol mampu membentuk membran sel dalam tubuh. Sehingga lemak dalam konsumsi juga dibutuhkan dengan batas wajar, alias tidak berlebihan.



Berapa batas normal makan lemak?

Ketika mengonsumsi gorengan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dokter Ada mengajak agar pengidap kolesterol, selalu mengingat asupan minyak goreng, normalnya tidak lebih dari 5 sendok makan dalam sehari.

"Makanannya di dalam minyak jadi sudah jauh melebihi kebutuhan harian sebetulnya, makanya gorengan kalau kita makan dalam jangka panjang, itu memang pasti ada kenaikan kolesterol jahat," jelasnya

Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan bila tidak mengidap kolesterol, gula atau lainnya tidak masalah. Bisa makan bebas dalam satu hari, setelahnya langsung mengontrol asupan kembali.

"Nggak masalah bagi mereka yang tidak punya sakit apa-apa lost control untuk menikmati momen lebaran, it's ok. Karena memang sakit nggak langsung terjadi, dalam waktu sehari tapi dalam jangka panjang," kata dr Ada

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)