Penanganan Ruam Popok Bayi, Perlukah Penanganan dari Dokter?

Selasa, 10 Mei 2022 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Di samping salep yang mengandung zinc oxide, ada beberapa pilihan obat yang juga membantu mengatasi ruam popok. Apa saja?

Salep Hidrokortison
Salep hidrokortison dapat mengurangi pembengkakan, iritasi, dan rasa gatal pada kulit. Salep ini juga bisa digunakan untuk mengobati ruam popok, namun penggunaannya harus diawasi oleh dokter. Dengan kata lain, gunakan salep ini hanya dengan resep dokter sebab sembarangan menggunakan salep hidrokortison justru dapat memperparah ruam dan iritasi kulit.

Saat menggunakan obat ini, jangan gunakan obat lain secara bersamaan untuk menghindari efek samping. Tunggu sekitar 10 menit bila ingin mengoleskan obat lain, atau akan lebih baik jika penggunaan obat lain dilakukan pada waktu berbeda.

Krim Antijamur
Ruam popok dapat pula disebabkan oleh pertumbuhan jamur akibat kondisi kulit di area bokong dan selangkangan yang lembap dan kotor. Untuk mengobati ruam popok akibat infeksi jamur, dokter biasanya memberikan salep antijamur yang bekerja mengurangi infeksi dengan menghambat pertumbuhan jamur di kulit.

Salep antijamur yang umum digunakan adalah golongan miconazole atau clotrimazole, seperti Lotrimin, Desitin, Triple Paste, dan Balmex. CM
(srf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)