Mari Mengenal Papercraft, Kesenian dan Kreativitas lewat Kertas yang Mendunia

Rabu, 11 Mei 2022 - 19:41 WIB
loading...
Mari Mengenal Papercraft, Kesenian dan Kreativitas lewat Kertas yang Mendunia
Podcast Aksi Nyata mengulik soal papercraft bersama pakarnya, Reza Mahmud Rauf, yang merupakan Papercraft Entepreneur. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kertas tidak hanya berguna untuk menulis dan menggambar. Melalui selembar kertas, Anda dapat menciptakan karya seni yang kreatif. Adalah papercraft, yang merupakan seni kreasi kertas dari origami yang dijadikan berbagai bentuk 3 dimensi.

Kesenian yang kreatif ini dibahas dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo #DariKamuUntukIndonesia. Kali ini, podcast tersebut mengulik soal papercraft bersama pakarnya, Reza Mahmud Rauf, yang merupakan Papercraft Entepreneur.



Reza mengatakan, papercraft sebenarnya sudah dikenal sejak 2015. Namun saat ini, kata dia, industri papercraft terus bertumbuh.

“Saya bisa akui, industri ini baru bertumbuh di Indonesia. Walau begitu, Eropa dan Australia justru tahu dan mengapresiasi karya (papercraft) dari Indonesia,” kata Reza Mahmud Rauf, dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (11/5/2022).

Sebagai seorang pengusaha sekaligus pelaku kreatif yang bergerak di bidang papercraft, Reza dan tim telah memperkenalkan Indonesia lewat kesenian kertas ini di luar negeri.

“Kita alhamdulillah sudah pameran, saat itu diundang di Jepang dan Rusia,” ujarnya.



Tim Reza turut memperkenalkan papercraft berbentuk penari Bali di salah satu pameran di luar negeri.

“Seru banget, dari papercraft kayak gini kita bisa memperkenalkan Indonesia ke negara aslinya origami (Jepang), dan mereka excited banget,” kata dia.

Tak hanya memperkenalkan Indonesia lewat kesenian kertas, Reza dan tim di Ichinogami pernah mendapatkan penghargaan MURI karena membuat papercraft setinggi 10 meter.

“Membuat papercraft dengan ukuran besar itu tantangan tersendiri. Kami sendiri sekarang masih memegang MURI untuk pembuatan papercraft terbesar, yaitu 10 meter,” ungkapnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)