Podcast Aksi Nyata Perindo: Tips Hidup Sehat Menuju Endemi

Sabtu, 07 Mei 2022 - 18:50 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata Perindo: Tips Hidup Sehat Menuju Endemi
Indonesia saat ini sedang berjalan menuju endemi. Setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi Covid-19, yang mana membuat orang harus lebih ketat menjaga kesehatan. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Indonesia saat ini sedang berjalan menuju endemi . Setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi Covid-19, yang mana membuat semua orang harus lebih ketat menjaga kesehatannya masing-masing.

Praktisi gaya hidup sehat, Saidan mengatakan, pentingnya menjaga tubuh agar tetap sehat. Tak hanya karena adanya Covid-19, namun setelah pandemi berlalu masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

"Tips saya untuk masyarakat Indonesia, bagaimana kita menjaga kesehatan untuk menuju endemi ini pertama adalah faktor disiplin," kata Saidan dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo , Sabtu (7/5/2022).

Faktor disiplin, dijelaskan Saidan di antaranya adalah disiplin dalam olahraga karena sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal ini bertujuan agar tidak mudah sakit terutama di masa-masa pandemi.


"Logikanya, kita punya mobil selama 20 tahun. Jika selama 20 tahun itu tidak diservis apa yang terjadi? Begitu juga dengan tubuh kita, perlu diservis. Caranya dengan olahraga," jelas Saidan.

Selanjutnya disiplin dalam pola makan, yakni dengan melakukan diet. Memerhatikan asupan nutrisi, serat dan protein supaya asupan tubuh terpenuhi. Bahkan protein yang bisa dikonsumsi tidak melulu harus mahal. Misalnya, tahu dan tempe yang merupakan protein dari nabati serta murah.

Saidan juga menyarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih. Sebab 90 persen tubuh manusia memerlukan air, jika sampai kekurangan dikhawatirkan akan menyebabkan masalah kesehatan seperti gagal ginjal.

Lebih lanjut disiplin dalam istirahat dan tidur. Saidan mengungkapkan, bahwa manusia membutuhkan tidur selama 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini juga sebagai pemulihan untuk tubuh Anda.


"Otot berkembang itu saat tidur, bukan saat kita lagi latihan. Jadi harus ada recovery. Pola tidur harus cukup 7-8 jam. Siang kalau ada waktu tidur 1 jam," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2649 seconds (0.1#10.140)