Tips MotionPay: Yuk Mulai Kembali Pola Hidup Sehat Setelah Ramadhan!

Jum'at, 20 Mei 2022 - 12:58 WIB
loading...
Tips MotionPay: Yuk Mulai Kembali Pola Hidup Sehat Setelah Ramadhan!
Bulan suci Ramadhan memang telah berlalu namun biasanya menyebabkan efek berkepanjangan, khususnya dalam hal perubahan kebiasaan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bulan suci Ramadhan memang telah berlalu namun biasanya menyebabkan efek berkepanjangan, khususnya dalam hal perubahan kebiasaan. Tanpa Anda sadari, berpuasa mengubah pola makan, jenis makanan yang dikonsumsi, pola tidur, hingga kebiasaan-kebiasaan lain seperti berolahraga.

Menurut Managing Director MotionPay, Jessica Tanoesoedibjo , hal-hal seperti ini mungkin saja membentuk pola hidup yang kurang teratur. Ditambah, saat perayaan Lebaran Anda mengonsumsi menu-menu makanan yang tinggi kolesterol seperti rendang, opor, jeroan, dan gorengan, belum lagi berbagai macam makanan dan minuman manis. Jika kebiasaan ini Anda lakukan terus-menerus dalam jangka panjang, risiko gangguan kesehatan dapat terjadi di masa yang akan datang.

"Pola hidup sehat dapat kembali dimulai dari hal-hal kecil, seperti mengatur kembali pola makan, asupan gizi seimbang, melakukan aktivitas olahraga ringan, dan sebagainya. Selain mengurangi risiko penyakit, kebiasaan baik ini juga dapat membuat Anda semakin bugar," jelas Jessica.

Baca juga: Angela Tanoesoedibjo Bagikan Kunci Kesuksesan dalam Berkarya dan Berkarier untuk Wanita Indonesia

Berikut beberapa tips dari MotionPay untuk membantu Anda kembali menerapkan kebiasaan hidup sehat, antara lain :

1. Mengatur Pola Makan dan Minum

Selama berpuasa, pola makan dan minum menjadi tidak teratur, mulai dari kekurangan cairan tubuh hingga mengonsumsi makanan yang kurang sehat seperti mi instan, makanan kaleng, makanan cepat saji, dan lain-lain. Anda dapat mulai memperbanyak minum air putih dan kembali mengatur porsi makanan dengan gizi seimbang yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh yaitu karbohidrat, buah-buahan, sayur, protein, susu, dan lemak.

2. Mengatur Jadwal Makan

Dalam satu bulan puasa terjadi perubahan jadwal makan yang biasanya 3 kali menjadi hanya 2 kali dalam sehari yaitu saat berbuka puasa dan sahur. Jadwal makan yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, obesitas, kram perut (gerd), dan berbagai penyakit lainnya. Untuk itu, Anda perlu mengatur kembali jadwal makan yang ideal.

3. Mengembalikan Pola Tidur

Pola tidur selama bulan Ramadan juga menjadi terganggu karena perubahan ritme/siklus tidur yang mengharuskan Anda bangun pada dini hari untuk makan sahur sehingga mengurangi waktu istirahat. Kebiasaan ini mungkin masih terbawa hingga sekarang yang menyebabkan menurunkan konsentrasi dan produktivitas selama menjalani aktivitas sehari-hari. Sebaiknya Anda mulai mengembalikan jadwal tidur ideal Anda, untuk usia produktif yaitu 7-9 jam dalam sehari.

4. Aktif Berolahraga

Mengurangi aktivitas fisik berlebih selama berpuasa adalah hal yang wajar agar tubuh tidak dehidrasi dan kelelahan. Bagi Anda yang biasanya berolahraga rutin setiap hari, mungkin berkurang menjadi 2-3 kali dalam seminggu, atau bahkan tidak melakukan aktivitas olahraga apapun. Kini saatnya Anda kembali aktif berolahraga, namun sebaiknya dilakukan dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu agar tubuh dapat beradaptasi, lalu secara bertahap meningkatkan intensitas.

Yuk terapkan kembali pola hidup sehat agar tubuh Anda kembali aktif dan kesehatan Anda terjaga! Download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui https://onelink.to/motionpay .

Baca juga: Siap Bertanggung Jawab, Wanda Hamidah Bersedia Ganti Rugi Kerusakan Rumah Mantan Suami

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)